26 C
Sidoarjo
BerandaNasionalDestinasi domestik jadi incaran wisatawan lokal liburan akhir tahun #infoMenarik

Destinasi domestik jadi incaran wisatawan lokal liburan akhir tahun #infoMenarik


Jakarta (PortalSidoarjo.com) – Perusahaan riset Populix mengeluarkan laporan tahunan yang berjudul “End of Year Vacation Plan Report 2023”, mengungkap bahwa destinasi domestik masih menjadi incaran wisatawan lokal untuk liburan akhir tahun.“Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, destinasi domestik masih menempati target utama para wisatawan Indonesia untuk perjalanan liburan akhir tahun,” ujar Co-Founder and COO Populix Eileen Kamtawijoyo dalam rilis pers, Rabu.

Eileen mengatakan survei Populix menunjukkan bahwa mayoritas responden memilih Bali, Bandung, serta Yogyakarta sebagai destinasi wisata akhir tahun mereka, dengan minggu terakhir bulan Desember diproyeksikan menjadi puncak aktivitas liburan.

Dia menilai tingginya minat wisatawan untuk mengunjungi destinasi-destinasi dalam negeri berpotensi meningkatkan perekonomian di kota-kota tersebut.

Hal tersebut, kata Eileen, harus dipersiapkan dengan baik oleh pemilik usaha lokal maupun pemerintah daerah dalam mengantisipasi lonjakan wisatawan pada akhir tahun, terlebih di tengah meningkatnya kasus COVID-19 beberapa minggu terakhir.

Dari hasil studi terlihat bahwa pada 2023, 67 persen masyarakat Indonesia telah berencana untuk perjalanan liburan akhir tahun.

Antusiasme responden terhadap destinasi dalam negeri masih tinggi dengan Bali (28 persen), Yogyakarta (28 persen), serta Bandung (26 persen) tetap menjadi kota favorit untuk berwisata.

Sementara itu, Jepang (22 persen) menduduki destinasi mancanegara yang paling banyak diincar wisatawan Indonesia, disusul oleh Singapura (18 persen), Korea Selatan (14 persen), Malaysia (11 persen), serta Thailand (10 persen).

Responden sudah merencanakan untuk pergi berlibur di minggu ketiga bulan Desember, tetapi mayoritasnya (41 persen) akan pergi di minggu keempat bulan Desember.

Untuk perjalanan liburan ini, 48 persen responden akan berlibur sekitar empat hari hingga seminggu, sementara 31 persen berencana melakukan perjalanan yang lebih singkat sekitar satu hingga tiga hari.

Untuk perjalanan akhir tahun ini, pesawat terbang (39 persen) menjadi pilihan moda transportasi mayoritas responden, diikuti dengan mobil pribadi (32 persen), kereta api (23 persen), sepeda motor pribadi (22 persen), serta berbagai moda transportasi lainnya.

Secara rata-rata, responden memiliki anggaran sekitar Rp5 juta untuk berlibur. Hal ini mencerminkan masyarakat Indonesia yang semakin bijak dalam menyusun perencanaan anggaran liburan mereka.

Laporan juga mengungkap bahwa masyarakat Indonesia memiliki kecenderungan untuk menghabiskan momentum akhir tahun dengan saudara, kerabat, atau pasangan.

Penelitian Populix ini dilakukan pada 21 hingga 28 November 2023 melalui pendekatan kuantitatif yang dilakukan via survei daring via aplikasi Populix terhadap total 1.058 responden laki-laki serta perempuan berusia 17-55 tahun di Indonesia dengan durasi pengerjaan survei sekitar 15 menit.

Sumber : Antaranews.com

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x