27 C
Sidoarjo
BerandaJatimPuan: Optimalkan Kuota serta Gerak Cepat Siapkan Pelaksanaan Ibadah Haji 2022

Puan: Optimalkan Kuota serta Gerak Cepat Siapkan Pelaksanaan Ibadah Haji 2022

Puan Maharani Ketua DPR RI mengingatkan pemerintah untuk bergerak cepat mempersiapkan pelaksanaan Ibadah Haji 2022.

Menurutnya, persiapan teknis sangat penting untuk memberikan pelayanan terbaik pada para jemaah haji.

Selain itu, legislator dari PDI Perjuangan tersebut mendorong pemerintah melakukan diplomasi supaya mendapatkan jatah kuota maksimal dari total satu juta yang diberikan Kerajaan Arab Saudi untuk seluruh dunia.

“Dibukanya kuota haji mencapai satu juta jemaah tahun ini harus disambut dengan baik serta dipersiapkan sebaik mungkin. Pemerintah harus bergerak cepat untuk melakukan diplomasi supaya Indonesia dapat mendapatkan kuota maksimal,” katanya di Jakarta, Jumat (15/4/2022).

Mantan Menko PMK menuturkan, Umat Muslim di Indonesia sudah lama menanti untuk dapat menunaikan ibadah haji.

Baca juga :  Jelang Libur Besar Nasional, Penumpang Stasiun Gambir serta Pasar Senen Kembali Meningkat

disebabkan, selama dua tahun berturut-turut Indonesia tidak memberangkatkan jemaah ke Tanah Suci disebabkan berlakunya pembatasan akibat pandemi Covid-19.

Pada tahun 2020, Arab Saudi cuma memberikan seribu kuota jemaah haji khusus untuk warganya.

Tahun berikutnya, kuota meningkat menjadi 60 ribu khusus untuk Warga Arab Saudi.

Puan sudah minta Komisi VIII DPR untuk langsung menggelar rapat dengan Menteri Agama menindaklanjuti keputusan Arab Saudi tersebut.

Hasilnya, DPR serta Menteri Agama pun sudah mengesahkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2022 sebesar Rp 39.886.009.

Lebih lanjut, Puan mengingatkan tugas pemerintah untuk melobi Arab Saudi serta memastikan supaya Indonesia mendapatkan jumlah kuota haji yang memadai.

Baca juga :  May Day 2022, Buruh Jatim Tuntut Jaminan Kesehatan Sampai Tolak Omnibus Law

“Bahkan jika memungkinkan, Indonesia dapat diberi kuota tambahan dari sisa kuota haji negara lain yang tidak terserap,” ucapnya.

Selain soal kuota haji, Puan juga minta pemerintah memberangkatkan jemaah serta menyediakan fasilitas di Tanah Suci dengan sebaik-baiknya.

“Semua pihak harus bergotong royong menyukseskan penyelenggaraan Ibadah haji tahun ini. Jemaah haji asal Indonesia harus menikmati berbagai layanan mulai dari yang pokok hingga ke masalah terkecil sekali pun, termasuk terpenuhinya ketersediaan air minum yang sangat penting untuk menghadapi badai panas di Tanah Suci,” pungkas Puan.(rid)

Sumber -> Suara Surabaya

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x