33 C
Sidoarjo
BerandaViral Trends JAWABAN GANJAR TIDAK NYAMBUNG SAAT JAWAB PERTANYAAN DUBES JEPANG – ...

[SALAH] JAWABAN GANJAR TIDAK NYAMBUNG SAAT JAWAB PERTANYAAN DUBES JEPANG – #hoax #viral


Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga

Faktanya, klaim tersebut muncul disebabkan hanya menyoroti sebagian dari jawaban Ganjar mengenai pertanyaan yang diajukan oleh Duta Besar Jepang.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====

[SUMBER]: TWITTER
https://archive.fo/F2Ujg

=====
[NARASI]:

“Kemampuan Bahasa Inggrisnya Zonk, Ganjar dapat Permalukan Indonesia Di Dunia Internasional disebabkan Sotoy.
Viral! Ganjar Pranowo Gak Nyambung Jawab Pertanyaan Dubes Jepang, ‘Ditanya Apa Dijawab Apa’”

=====
[PENJELASAN]:

Beredar sebuah unggahan melalui media sosial Twitter, yang berisi klaim informasi tentang Ganjar yang disebut “tidak nyambung” saat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh Duta Besar Jepang, Kanasugi Kenji. Unggahan dari akun @abu_waras ini juga menyertakan tautan sebuah artikel dari media Gelora News dengan judul yang menunjukkan klaim serupa yaitu, “Viral! Ganjar Pranowo Gak Nyambung Jawab Pertanyaan Dubes Jepang, ‘Ditanya Apa Dijawab Apa’”.

Baca juga :  [SALAH] Said Aqil Resmi Jadi Kapten Timnas AMIN – #hoax #viral

tetapi setelah melakukan penelusuran terkait dengan informasi viral ini, ditemukan sebuah kekeliruan yang terkandung di dalamnya. Perlu diketahui sebelumnya, klaim ini berawal dari cuplikan video Capres Ganjar Pranowo, dalam sebuah acara bertajuk “Pidato Calon Presiden Republik Indonesia: Arah serta Strategi Politik Luar Negeri”, yang diselenggarakan oleh CSIS Indonesia pada 07-08 November 2023 lalu.

Dalam pertemuan tersebut, Ganjar membuka kesempatan bagi para hadirin yang datang, termasuk salah satunya Kanasugi Kenji, untuk bertanya tentang kebijakan luar negeri Indonesia. Kanasugi kemudian menanyakan mengenai hal tersebut dengan kalimat yang cukup panjang serta dalam Bahasa Inggris.

“Pertanyaan saya, apa yang akan Anda lakukan dalam kebijakan luar negeri Anda dibandingkan dengan kebijakan luar negeri yang ada di bawah presiden Joko Widodo?,” tanya Kanasugi. Kanasugi Kenji pernasaran dengan perubahan kebijakan seperti apa yang akan dilakukan Ganjar ketika dirinya terpilih menjadi Presiden RI nanti.

Baca juga :  “BANK INDONESIA RESMI MENGELUARKAN UANG BARU” – #hoax #viral

Dalam jawabannya, Ganjar ternyata tidak langsung menjawab pertanyaan tersebut. Ganjar bercerita tentang betapa ramahnya Kaisar Jepang saat berkunjung ke Candi Borobudur beberapa waktu lalu. Ganjar juga bercerita tentang budaya salaman yang ternyata tidak diperbolehkan. Hal ini kemudian menjadi viral lantaran jawaban Ganjar dituding tidak nyambung.

tetapi meski demikian, Ganjar Pranowo kemudian menjawab pertanyaan Kanasugi bahwa politik luar negeri Indonesia akan sama, tidak peduli siapapun yang menjadi presidennya.

“Apa yang berbeda? Sebenarnya politik luar negeri kita sama di seluruh presiden yang pernah menjabat di republik ini. Tinggal mana yang harus kita cukup serius serta mana yang kemudian menjadi prioritas,” imbuh Ganjar. Ganjar Pranowo kemudian menambahkan penjelasan mengenai beberapa strategi politik bebas aktif di Indonesia.

Baca juga :  [SALAH] ERICK TOHIR GANTIKAN GIBRAN SEBAGAI CALON WAKIL PRESIDEN DARI PRABOWO SUBIANTO – #hoax #viral

Jadi klaim viral yang menyebutkan Ganjar tidak nyambung saat menjawab pertanyaan Dubes Jepang merupakan klaim yang mengandung kekeliruan sehingga termasuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan atau misleading content.

=====
[REFERENSI]:

https://kabar24.bisnis.com/read/20231108/15/1712364/viral-jawaban-ganjar-disebut-tidak-nyambung-saat-ditanya-dubes-jepang-pakai-bahasa-inggris

https://www.viva.co.id/trending/1655728-viral-ganjar-disebut-gak-nyambung-jawab-pertanyaan-dubes-jepang?page=3

https://www.csis.or.id/event/pidato-calon-presiden-republik-indonesia-arah-serta-strategi-politik-luar-negeri/

Author -> Turnbackhoax.id

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x