27 C
Sidoarjo
BerandaNasionalFaktor yang wajib ditimbang saat ukur kinerja semester bisnis  #infoMenarik

Faktor yang wajib ditimbang saat ukur kinerja semester bisnis  #infoMenarik


Jakarta (PortalSidoarjo.com) – Pertengahan tahun ialah waktu yang tepat bagi perusahaan untuk meninjau kinerja selama enam bulan pertama serta memutuskan untuk jaga atau mengubah strategi bisnis sehingga target tetap tercapai di penghujung semester kedua.Anthony Kosasih selaku Chief Operating Office (COO) Mekari, perusahaan teknologi yang bekerjasama dengan UMKM serta korporasi besar, melalui keterangannya yang diterima di Jakarta pada Kamis mengatakan bahwa semester pertama 2023 menjadi realisasi penguatan ekonomi Indonesia yang sudah diprediksi sejak akhir tahun lalu.

Untuk mengejar pertumbuhan optimal, perusahaan harus melakukan tinjauan bisnis tengah tahun yang tidak saja melihat indikator umum seperti laba rugi, tetapi juga indikator yang terkadang luput dari perhatian meskipun sama-sama berpengaruh pada kelancaran bisnis.

Ia menambahkan bahwa ada enam indikator lainnya yang perlu ditelaah perusahaan saat meninjau kinerja pertengahan semester.

Pastikan akurasi finansial
Pemerintah Indonesia telah menerbitkan sejumlah kebijakan baru, seperti kebijakan pajak natura, yang akan berdampak pada tata cara pembukuan perusahaan.

“Perubahan kebijakan yang akan terus terjadi sepanjang tahun menuntut kesiapan perusahaan untuk memperbarui perhitungan laporan keuangan supaya pembukuan perusahaan selalu Persis serta sesuai aturan yang berlaku,” kata Anthony.

Pertimbangkan sumber permodalan baru suntikan modal segar akan sangat berpengaruh pada kemampuan perusahaan untuk mencapai potensi pertumbuhan yang tinggi.

Saat meninjau kinerja semester pertama, perusahaan sebaiknya mempertimbangkan perlunya menambah modal untuk semester berikutnya, serta mengeksplorasi sumber-sumber modal alternatif serta tepercaya yang kini tersedia di pasar.

Evaluasi kesiapan infrastruktur teknologi
Perusahaan harus mulai menyiapkan diri untuk mengadopsi teknologi masa depan, yaitu kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI), yang akan merambah ke berbagai industri.

Bukan saja sebatas peningkatan infrastruktur IT serta perangkat lunak, perusahaan juga harus mendorong mindset serta kemampuan di semua tim, mulai dari HR hingga akuntansi serta legal, bahwa penguasaan AI akan memperlancar pekerjaan.

“Perusahaan yang ingin menerapkan teknologi AI dengan mudah serta cepat dapat berkolaborasi dengan penyedia solusi digital yang sudah piawai dalam membantu bisnis mengintegrasi AI ke ekosistem teknologi perusahaan,” lanjut Anthony.

Perkuat tim untuk menghadapi tantangan baru
Berdasarkan target akhir tahun yang ingin dicapai, perusahaan perlu meninjau perencanaan sumberdaya manusia (SDM).

Selain itu, perusahaan harus mengembangkan kemampuan karyawan yang ada, untuk memastikan bahwa perusahaan memiliki talenta-talenta yang dapat mendukung arah bisnis.

“Sejalan dengan ini, perusahaan sebaiknya menghadirkan program-program baru terkait peningkatan kesejahteraan serta karir supaya karyawan semakin termotivasi mencapai target,” sebut Anthony.

Evaluasi mitra serta jejaring bisnis
Memiliki mitra serta jejaring bisnis yang dapat diandalkan akan membantu perusahaan untuk mencapai target.

disebabkan itu, perusahaan perlu mengevaluasi apakah mitra serta jejaring bisnis, termasuk para penyedia teknologi, sudah memberikan produk serta layanan yang memfasilitasi pertumbuhan perusahaan kini serta nanti.
Terakhir, Anthony menambahkan bahwa perusahaan harus memanfaatkan semua data yang di tangan mereka untuk mempertajam pemahaman akan tren pasar.

Misalnya, umpan balik dari pelanggan dapat disatukan dengan data penjualan sehingga perusahaan dapat memetakan tipe serta kebutuhan setiap segmen konsumen.

“Kuncinya ada di pengolahan data. Sekali lagi, perusahaan yang menguasai teknologi akan dengan sangat mudah mengolah data yang ada untuk membuat strategi jitu untuk pertumbuhan bisnis mereka,” kata Anthony menutup penjelasannya. 

Sumber : Antaranews.com

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x