30 C
Sidoarjo
BerandaNasionalAyah juga perlu persiapkan diri untuk dampingi ibu menyusui #infoMenarik

Ayah juga perlu persiapkan diri untuk dampingi ibu menyusui #infoMenarik


Jakarta (PortalSidoarjo.com) – Bidan serta konselor laktasi Jamilatus Sadiyah mengatakan seorang ayah juga perlu mempersiapkan diri untuk mendampingi istri dalam proses menyusui dengan menambah pengetahuan terkait laktasi.
 

“Kalau dapat ayah ikut kelas menyusui dari sebelum melahirkan, dari situ jadi punya pemahaman yang sama dengan ibu,” ucapnya saat diskusi terkait Pekan Menyusui Sedunia bersama Philips AVENT di Jakarta, Kamis.
 

Ia mengatakan kehadiran seorang ayah akan mempermudah proses menyusui ibu serta bayi. Dengan mengikuti kelas laktasi, suami jadi dapat mengerti kebutuhan istri sehingga ibu dapat nyaman selama menyusui.
 

Ia juga menyarankan suami untuk mengajukan cuti lebih lama supaya dapat mendampingi istri setelah persalinan.

 
Bidan dengan sapaan Mila ini mengatakan seorang suami dapat membantu dengan beberapa cara seperti menggendong bayi atau menggantikan popok supaya memberi waktu pada istri beristirahat.
 

“Mulai dari mandiin, ganti popok, pakai bedong, main sama bayinya, jemur bayinya, banyak banget yang dapat dilakukan ayah itu dapat bikin ibunya istirahat,” kata Mila.
 

Lulusan terbaik Poltekkes Kemenkes Jakarta ini mengatakan bantuan suami dapat mempengaruhi hormon menyusui ibu sehingga lebih bahagia serta dapat memperlancar produksi ASI.
 

Selain itu, Mila mengatakan sebagai orang tua harus mengedukasi diri untuk mencari informasi dari sumber terpercaya supaya tidak mudah terpengaruh serta mudah panik terhadap mitos-mitos yang berkembang di masyarakat seputar menyusui.
 

Sumber : Antaranews.com

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x