31 C
Sidoarjo
BerandaNasionalRutin membersihkan wajah dapat mencegah efek negatif polusi udara #infoMenarik

Rutin membersihkan wajah dapat mencegah efek negatif polusi udara #infoMenarik


Jakarta (PortalSidoarjo.com) – Dokter spesialis kulit serta kelamin Dr. dr. Dhelya Widasmara Sp.KK (K) FINSDV mengatakan cara terbaik untuk menghindari efek negatif dari paparan polusi udara ialah dengan rutin menggunakan sabun pencuci muka untuk jaga kebersihan kulit wajah.“Jadi, sabun cuci muka wajib serta sesuaikan dengan masing-masing misalnya kulit kering berjerawat serta kombinasi,” ucap Dhelya dalam diskusi kesehatan yang diikuti secara daring di Jakarta, Jumat.

Lulusan S3 Universitas Airlangga, Surabaya, itu mengatakan jika tidak rutin mencuci muka, pori-pori akan tersumbat oleh kotoran akibat polusi udara serta riasan sehingga jerawat serta noda hitam akan mudah muncul.

Dokter yang akrab disapa Lala itu mengatakan sabun cuci muka juga harus disesuaikan dengan jenis kulit, seperti misalnya kulit kering serta normal, maka sabun muka yang cocok dipergunakan ialah yang mengandung niacinamide.

Selain itu, untuk mencegah masalah kulit kemudian hari, Lala menganjurkan untuk menggunakan tabir surya meskipun berkegiatan hanya di dalam rumah. Tabir surya dapat berfungsi sebagai anti penuaan yang paling baik.

“Gunakan tabir surya atau sunscreen untuk melindungi kulit kita dari sinar matahari. Sebaiknya walaupun kita di dalam rumah disebabkan kita tinggal di Asia Tenggara itu dipakai disebabkan cahaya matahari sampai ke dalam rumah masuk melalui kaca,” kata Lala.

Tabir surya dapat menghalangi sinar UV A serta UV B. Untuk pemakaian di Indonesia, disarankan tabir surya dengan SPF 30 serta anti air. Oleskan tabir surya 15-30 menit sebelum berkegiatan di luar ruangan.

Lala menyarankan tabir surya sebanyak dua ruas jari tangan untuk menutupi area tubuh yang terkena sinar matahari langsung seperti wajah serta leher. Aplikasikan kembali tabir surya setiap empat jam sekali.

Lala juga mengingatkan untuk tidak lupa memakai pelembap atau sebagai pertahanan kulit disebabkan sinar matahari membuat kulit cepat menguap serta mengurangi kelembabannya. Pelembap pun tidak harus mahal selama memiliki fungsi melapisi kulit.

Pelembab juga berfungsi menutrisi kulit serta melindungi kulit dari polusi serta oksidan. Manfaat lainnya ialah mencegah penuaan dini, menghindari kerutan serta jaga kulit tetap sehat.

Selain jaga kulit dengan produk perawatan kulit, penerapan pola hidup sehat juga dapat dilakukan seperti makan makanan bergizi serta hindari merokok baik konvensional maupun elektrik. Hindari konsumsi alkohol berlebihan, gunakan losion setelah mandi, serta minum air putih 2,5 liter sehari bagi orang dewasa.

Lala menambahkan buah-buahan kaya vitamin C serta Vitamin E seperti jeruk, alpukat, apel serta semangka dapat menghidrasi kulit serta mencegah radikal bebas akibat polusi udara.

Sumber : Antaranews.com

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x