29 C
Sidoarjo
BerandaNasionalDemi kesehatan usus, ini makanan yang mesti dihindari #infoMenarik

Demi kesehatan usus, ini makanan yang mesti dihindari #infoMenarik


JAKARTA (PortalSidoarjo.com) – Kunci kesehatan seseorang dimulai dari ususnya, selain kelancaran pencernaan, kesehatan saluran cerna menentukan kekebalan seseorang, kesehatan mental, serta kemungkinan munculnya masalah kesehatan serius seperti kanker, penyakit jantung, serta penyakit autoimun.Hal itu disimpulkan dari hasil berbagai penelitian terbaru sebagaimana dilansir Medical Daily  pada Kamis (18/5).

Kesehatan mikrobioma usus ditentukan oleh kombinasi beberapa faktor seperti gen keluarga, lingkungan, obat-obatan, serta pola makan. Di antara faktor-faktor tersebut, kualitas serta jenis asupan makanan memainkan peran penting.

Maka demi jaga kesehatan usus yang lebih baik, berikut daftar sejumlah makanan yang mesti dihindari.

1. Gula

Terlalu banyak gula dalam makanan menghilangkan bakteri usus yang sehat, yang dapat menyebabkan peradangan pada tubuh serta menyebabkan masalah kesehatan yang jauh lebih serius. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang diet tinggi gula memiliki kemungkinan lebih besar untuk mengalami sembelit serta fungsi usus yang buruk secara keseluruhan.

2. Makanan olahan

Makanan olahan mengandung banyak garam, lemak, gula, serta berbagai jenis bahan tambahan makanan seperti pengawet yang dapat memengaruhi keseimbangan mikrobioma yang sehat.

3. Daging merah

Konsumsi daging merah meningkatkan kemungkinan strain bakteri tertentu tumbuh berlebihan di usus, yang dapat berdampak negatif bagi kesehatan Anda.

4. Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng kaya akan lemak jenuh serta berbahaya bagi kesehatan usus. Lemak jenuh membuat makanan lebih sulit dicerna. Ini juga dapat menyebabkan peradangan serta masalah terkait usus lainnya.

5. Pemanis buatan

Meskipun pemanis buatan ialah pengganti gula rendah kalori, tetapi menurut pedoman baru dari WHO, tidak bermanfaat untuk penurunan berat badan jangka panjang. Pemanis buatan juga diketahui memengaruhi komposisi mikrobioma usus, meningkatkan intoleransi glukosa, serta menyebabkan penyakit metabolik.

6. Alkohol

Konsumsi alkohol berlebih dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan usus serta menyebabkan pertumbuhan bakteri yang berlebihan, yang dapat menyebabkan pencernaan yang buruk serta refluks asam.

Sedangkan untuk jaga usus yang sehat, inilah beberapa jenis makanan yang direkomendasikan.

1. Makanan fermentasi

Makanan fermentasi tertentu seperti yogurt, kimchi, sauerkraut, serta tempe membantu mendorong pertumbuhan bakteri menguntungkan serta mengurangi pertumbuhan bakteri penyebab penyakit di usus.

2. Makanan kaya serat

Buah-buahan, polong-polongan, serta kacang-kacangan merupakan sumber kaya serat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh Anda. tetapi, diet kaya serat merangsang pertumbuhan bakteri tertentu di usus, yang memakan serat untuk pertumbuhannya.

3. Makanan kaya probiotik

Probiotik meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus. Termasuk makanan seperti buah-buahan, sayuran, serta biji-bijian akan memastikan pertumbuhan bakteri menguntungkan yang membantu pencernaan.

Sumber : Antaranews.com

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x