27 C
Sidoarjo
BerandaViral Trends Diperingatkan, gara2 ini perang nuklir terjadi.. – #hoax #viral

[SALAH] Diperingatkan, gara2 ini perang nuklir terjadi.. – #hoax #viral


Hasil periksa fakta Putri Lestari.

Konten yang dimanipulasi. Video merupakan editan dari cuplikan video sidang Mahkamah Internasional yang diberi narasi yang identik dari artikel yang tidak sesuai dengan judul video yang diunggah.

= = = = =

Kategori : Konten yang Dimanipulasi

= = = = =

Sumber : Youtube https://archive.cob.web.id/archive/1679642985.156866/singlefile.html

= = = = =

Narasi :
PM Kamboja memperingatkan penangkapan Putin dapat memicu perang Nuklir.

= = = = =

Penjelasan :
Akun Youtube KUNCI MILITER mengunggah video yang berjudul “Diperingatkan, gara2 ini perang nuklir terjadi..”. Video tersebut diunggah pada tanggal 22 Maret 2023. Video tersebut diserta dengan narasi: “PM Kamboja memperingatkan penangkapan Putin dapat memicu perang Nuklir.”.

Hasil penelusuran menunjukkan bahwa video merupakan hasil editan kumpulan video yang diberi narasi yang menyesatkan. Narasi yang disampaikan dalam video identik dengan artikel SINDONEWS.com yang tayang pada Selasa, 21 Maret 2023 pukul 07:55 WIB dengan judul: “PM Kamboja Peringatkan Penangkapan Putin Dapat Memicu Perang Nuklir”.

Video pertama yang dicuplik ialah video pernyataan Presiden ICC (International Criminal Court), Piotr Hofmański atas dikeluarkannya surat perintah penangkapan oleh Hakim ICC pada tanggal 17 Maret 2023 menanggapi situasi di Ukraina. Pernyataan tersebut diunggah di akun Youtube resmi ICC.

Video kedua yang dicuplik identik dengan video sidang Mahkamah Internasional pada kasus genosida Muslim Rohingnya Myanmar yang diunggah akun Youtube resmi United Nations pada tanggal 12 Desember 2019.

Video ketiga yang dicuplik ialah video kunjungan Presiden Rusia Vladimir Putin ke Krimea pada ulang tahun kesembilan aneksasi. Video tersebut diliput oleh akun youtube WION pada tanggal 19 Maret 2023.

= = = = =

Referensi :

https://www.youtube.com/watch?v=FbKhCAaRLfc
https://www.youtube.com/watch?v=oR6nCnlcmIE
https://www.youtube.com/watch?v=MetFUF84qcw
https://international.sindonews.com/read/1052149/40/pm-kamboja-peringatkan-penangkapan-putin-dapat-memicu-perang-nuklir-1679356997

Author -> Turnbackhoax.id

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x