31 C
Sidoarjo
BerandaNasionalGuru Besar UGM dorong pemerintah investigasi kasus balita gagal ginjal #infoMenarik

Guru Besar UGM dorong pemerintah investigasi kasus balita gagal ginjal #infoMenarik


Jakarta (PortalSidoarjo.com) – Guru Besar Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Zullies Ikawati mendorong pemerintah supaya melakukan investigasi terkait kasus kematian balita di Jakarta yang disebabkan oleh gangguan ginjal akut progresif atipikal (GGAPA).”Kasus ini buat saya pribadi masih misteri disebabkan kalau dugaannya disebabkan sirup, serta ternyata itu masih aman maka ada kemungkinan faktor lain yang perlu investigasi lebih lanjut,” kata Zullies dalam konferensi pers Badan Pengawas Obat serta Makanan (BPOM) di Jakarta, Rabu.

Zullies mengungkapkan, ditemukan adanya kandungan etilen glikol (EG) serta dietilen glikol (DEG) pada sirup obat merek Praxio. tetapi demikian, jumlahnya sangat kecil serta dinyatakan aman sesuai standar farmakope Indonesia.

Cemaran EG serta DEG kerap dikaitkan sebagai penyebab gagal ginjal akut pada anak yang sempat dilaporkan dalam obat sirup beberapa waktu lalu. Dengan temuan tersebut, Zullies minta Kementerian Kesehatan untuk melakukan investigasi lebih lanjut dengan melakukan pemeriksaan laboratorium.

Menurut dia, hal ini bertujuan untuk mengetahui penyebab Penderita gagal ginjal DKI Jakarta.

“Disamping kadar EG serta DEG, kadar metabolitnya juga sangat penting untuk diukur,” katanya.

Pakar analisis farmasi dari Universitas Airlangga Gunawan Indrayanto menilai investigasi lanjutan dibutuhkan untuk memastikan penyebab kematian balita tersebut.

“Apakah ada kontaminan yang lain ataukah ada yang perlu diteliti lebih lengkap,” katanya.

Sementara itu, BPOM mengumumkan bahwa obat sirup merek Praxion dinyatakan aman dikonsumsi berdasarkan serangkaian pengujian yang telah dilakukan.

Plt. Deputi Bidang Pengawasan Obat, Narkotika, Psikotropika, Prekursor, serta Zat Adiktif BPOM Togi Junice Hutadjulu menjelaskan, sebanyak tujuh sampel sirup obat serta bahan baku, yang terdiri dari sampel sirup obat sisa Penderita, sirup yang beredar di pasaran, sampel di tempat produksi dengan batch sama, sampel sirup dengan batch yang berdekatan dengan sirup obat Penderita.

Kemudian sampel bahan baku sorbitol, serta dua produk sirup lain yang menggunakan bahan baku dengan nomor batch sama telah diuji serta dinyatakan aman.

Hingga saat ini, penyebab kematian balita akibat GGAPA di Jakarta tersebut belum diketahui.

Sumber : Antaranews.com

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x