29 C
Sidoarjo
BerandaJatimHukum KriminalSoceng Gangsir Rekening Mantan Presenter Kompas TV Rp 105 Juta

Soceng Gangsir Rekening Mantan Presenter Kompas TV Rp 105 Juta

Jember (PortalSidoarjo.com) – Angga Wisudawan, mantan presenter Kompas TVdi Kabupaten Jember, Jawa Timur, kehilangan uang Rp 105 juta yang disimpannya di Bank BRI. Ia jadi korban aksi begal rekening alias social engineering (soceng).

Angga mengetahui jika rekeningnya digangsir pada 10 Okrober 2022 pukul sebelas siang Waktu Indonesia Barat. Saat itu ia hendak mentransfer uang muka gedung pernikahan kliennya. “Tapi aplikasi BRIMO masih trouble, saya tidak dapat lihat saldo, transfer serta freeze. Akhirnya saya transfer uang muka pake akun BCA,” katanya.

Saat itu, transfer dari pihak lain ke rekening BRI Angga juga tak dapat. “Jadi saya berpikir semua BRIMO memang sedang trouble. Jadi saya tinggalkan akun BRIMO dalam keadaan freeze tidak dapat log out,” katanya.

Lewat pukul setengah satu siang, Angga menerima informasi ada upaya permintaan masuk di inbox telegram dari IP 114.125.231.119 OPPO A53 dari Palembang. “Tetapi keterangan tersebut masuk di inbox telegram malam hari pukul 19:42 WIB. Ada upaya log in serta log out akun BRIMO,” katanya.

Pukul 14.40 WIB, menurut Angga, ada transaksi keluar E-pay senilai Rp 99.577.400. “Ada upaya masuk akun BRIMO saya dari perangkat lain yang bukan HP saya dengan kode CPH2387, sedangkan ponsel saya kodenya CPH1823,” katanya.

Transaksi keluar tidak berhenti. Pukul 15.57, ada transaksi keluar senilai Rp 2.000.000, diikuti transaksi keluar ke Muhammad Taupiq S senilai Rp 2.000.000 pada lima menit berikutnya. “Saya tidak tahu siapa dia,” kata Angga.

Angga mulai merasakan ada kejanggalan, disebabkan kartu ATM miliknya tak dapat dipergunakan. tetapi transaksi keluar masih terjadi pada pukul 16.20 serta 16.38 masing-masing Rp 455.000 menggunakan QRIS serta Rp 981.000. “Padahal saya ada di rumah. Kok ada transaksi QRIS,” katanya.

“Saya menuju bank BRI Cabang Alun-Alun Jember untuk melapor serta dibantu block kartu ATM serta dicetakkan transaksi terakhir dari notifikasi yang saya tunjukkan/ Saya juga menghubungi call center, melapor ke Polres Jember, Otoritas Jasa Keuangan, serta Bank Indonesia,” kata Angga.

Kepala BRI Cabang Jember Mohamad Sukari tidak menjawab permintaan konfirmasi via WhatsApp dari Beritajatim.com, Kamis (13/10/2022). tetapi pada wartawan salah satu media, dia menyatakan, BRI menyesalkan kejadian tersebut. tetapi BRI hanya dapat mengganti kerugian jika kelalaian diakibatkan sistem perbankan.

Sementara itu, Niken Dyah Pristanti, Kepala Subbagian Edukasi serta Perlindungan Konsumen OJK Jember, mengatakan, pihaknya sudah menindaklanjuti hal tersebut dengan menghubungi BRI Jember. “Kami minta klarifikasi pengaduan serta minta BRI untuk menemui konsumen,” katanya, Jumat (14/10/2022).

OJK mengawal permasalahan yang dialami Angga. “Kami memandu Mas Angga untruk menyampaikan pengaduan secara pararel melalui surat untuk selanjutnya kami tindaklanjuti melalui APPK (aplikasi pengaduan),” kata Niken.

Menurut Niken, pengaduan tersebut menjadi perhatian OJK serta BRI. “Hingga pada Rabu kemarin, Mas Angga menginformasikan bahwa sudah meperoleh tanggapan dari BRI. Pada Kamis telah dilakukan pertemuan konsumen dengan pihak bank,” katanya.

“Berdasarkan penjelasan dari bank, dapat disimpulkan bahwa ini ialah kasus kejahatan melalui digital (social engineering) seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Soceng tidak hanya menyerahkan kode OTP saja, tetapi dapat juga terjadi dengan kita melakukan “klik link”. Jadi pada intinya OJK Jember dalam hal ini terus memproses serta mengawal sampai diperoleh akar permasalahannya,” kata Niken. [wir/but]

window.fbAsyncInit = function() {
FB.init({
appId : ‘123312231068576’,
autoLogAppEvents : true,
xfbml : true,
version : ‘v4.0’
});
};

(function(d, s, id){
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “https://connect.facebook.net/en_US/sdk.js”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));

Sumber -> Beritajatim.com

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x