29 C
Sidoarjo
BerandaJatimHukum KriminalIrjen Teddy Ditangkap, Habib Aboe: Pukulan Telak Polri Setelah Kasus Sambo

Irjen Teddy Ditangkap, Habib Aboe: Pukulan Telak Polri Setelah Kasus Sambo

Surabaya (PortalSidoarjo.com) – Kabar ditangkapnya Kapolda Sumatera Barat (Sumbar) Irjen Pol Teddy Minahasa oleh Divisi Propam Mabes Polri ialah pukulan telak untuk institusi Polri. Setelah kasus Ferdy Sambo, kasus Teddy Minahasa ini kembali menjadi prahara untuk kepercayaan publik terhadap institusi Polri.

Hal ini dikatakan Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi PKS Aboe Bakar Alhabsyi dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (15/10/2022), menanggapi kabar tertangkapnya Kapolda Sumbar Tedy Minahasa serta akhirnya batal menjadi Kapolda Jawa Timur.

Habib Aboe Bakar sapaan akrab Sekjen DPP PKS ini mengatakan, akibat kabar penangkapan Teddy ini, publik pasti akan semakin ragu terhadap institusi Polri, melihat personelnya diduga memperjualbelikan narkoba.

“Apalagi tindakan itu dilakukan oleh pejabat tinggi,” kata Habib Aboe seraya minta Presiden Joko Widodo segera mengambil langkah serius untuk membersihkan institusi Polri dari para personel yang secara sengaja melanggar Tri Brata serta Catur Prasetya.

Sikap tegas Presiden, menurut mantan Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI ini, diperlukan untuk mewujudkan amanah pasal 1 ayat 3 UUD 1945 bahwa Indonesia ialah negara hukum. “Secara strategis Presiden perlu memformulasikan ulang reformasi Polri, perlu ada pengawalan secara langsung dalam upaya menumbuhkan kepercayaan publik serta dunia internasional atas due process of law di Indonesia,” katanya.

Sedang secara teknis, masih kata Habib Aboe tak ada salahnya Presiden memerintahkan tes urine secara menyeluruh untuk seluruh personel polisi di Indonesia, tanpa terkecuali. “Ini ialah sebagai upaya untuk menunjukkan keseriusan Presiden dalam memberantas narkoba di dalam tubuh Polri sendiri,” pungkas legislator dari Dapil Kalimantan Selatan (Kalsel) itu.

Sebagaimana kabar yang beredar, Kapolda Sumbar Tedy Minahasa yang akan sertijab menjadi Kapolda Jatim, ditangkap Divisi Propam Polri, kemarin. Ia diduga menjual 5 kg sabu, setengah dari barang bukti. Ditambah lagi pada Jumat (14/10/2022) kemarin, semua jajaran pati Mabes Polri serta Kapolda dipanggil ke Istana. tetapi dalam rombongan itu, tak nampak Tedy Minahasa.

Seperti diberitakan, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo membenarkan bahwa Kapolda Jawa Timur yang baru ditunjuk, Irjen Pol Teddy Minahasa ditangkap terkait kasus narkoba. “Setelah ini nanti kami akan rilis khusus terkait dengan masalah TM (Teddy Minahasa),” ujar Sigit Listyo di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (14/10/2022).

Sigit menyebut pengusutan kasus Teddy Minahasa merupakan bagian dari komitmen lembaganya dalam menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi. “serta ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk menindak tegas hal-hal yang tadi disampaikan Bapak Presiden soal judi online, narkoba serta juga komitmen melakukan bersih-bersih di institusi Polri,” kata dia.

Saat dikonfirmasi satu Kapolda yang tak hadir ialah Teddy Minahasa, Sigit menekankan supaya anak buahnya menjalankan arahan Presiden Jokowi. “Setelah ini kita akan menindaklanjuti arahan Bapak Presiden, sehingga seluruh anggota mulai dari pangkat terbawah khususnya pelaksana di lapangan paham serta kemudian mereka tinggal melaksanakan,” ungkapnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni mengaku mendengar kabar mengenai dugaan Kapolda Jawa Timur (Jatim) yang baru ditunjuk Kapolri, Irjen Teddy Minahasa ditangkap Propam Polri terkait dengan narkoba. [tok/suf]

window.fbAsyncInit = function() {
FB.init({
appId : ‘123312231068576’,
autoLogAppEvents : true,
xfbml : true,
version : ‘v4.0’
});
};

(function(d, s, id){
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “https://connect.facebook.net/en_US/sdk.js”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));

Sumber -> Beritajatim.com

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x