28 C
Sidoarjo
BerandaJatimHukum KriminalNgaku Salurkan Bansos ternyata Maling, Kalung serta Uang 2 Nenek di Ngawi...

Ngaku Salurkan Bansos ternyata Maling, Kalung serta Uang 2 Nenek di Ngawi Amblas

Ngawi (PortalSidoarjo.com) – Dua nenek asal Ngawi, Jawa Timur menjadi korban pencurian oleh seorang pria yang berpura-pura menjadi petugas penyalur bantuan sosial. Seluruh uang serta perhiasan milik keduanya raib dicuri dari tempat penyimpanan yang diduga sudah diketahui oleh pelaku.

Kejadian ini dialami oleh Rukmini (78) nenek warga desa Karangbanyu, Kecamatan Widodaren, Ngawi, Jawa Timur. Dia kehilangan uang tunai Rp1,3 juta serta kalung emas seberat 10 gram Selesai didatangi seorang pria yang mengaku sebagai penyalur bantuan sosial pada Kamis (13/10/2022) pukul 14.00 WIB.

Modusnya, si pelaku pencuri datang serta berpura-pura melakukan pendataan hingga minta foto korban. Saat korban lengah, uang senilai Rp1,3 juta serta kalung emas 10 gram dicuri oleh pelaku dari tempat penyimpanan. Kejadian itu dibenarkan oleh Sumanto, Kepala Desa Karangbanyu.

“Ada seorang pemuda datang ke rumah nenek Rukmini, dia mengaku dari penyalur bantuan sosial. Pelaku ini langsung berpura-pura melakukan pendataan hingga minta foto nenek itu. Selanjutnya sang nenek disuruh keluar ambil daun jati muda serta pelaku mencuri uang 1,3 juta juga kalung seberat 10 gram,” kata Sumanto, Jumat (14/10/2022).

Nasib serupa juga menimpa Ngatiyem (60) warga Desa Pengkol, Mantingan, Ngawi, Jawa Timur. Uang Rp480 ribu serta cincin gelang seberat Rp13,5 gram dicuri pelaku dengan modus serupa pada tanggal 10 Oktober 2022 lalu.

“Saya di kebun menanam jagung diajak pulang katanya dapat bantuan dari kecamatan, saya diajak oung untuk pendataan, saya ditanya KTP serta KK, rumah ini difoto. taunya uang serta perhiasan saya malah dicuri. Ung serta perhiasan tadinya saya taruh tas,” kata Ngatiyem.

Kedua korban sudah melapir ke polisi. Pun, pihak kepolisian masih melakukan oenyekdidikan termasuk mencari rekaman CCTV di sekitar lokasi rumah korban.

“Kami mendapat laporan dari korban pencurian barang yang hilang uang serta perhiasan. Modus pelaku datangi rumah korban mengaku dari petugas yang akan melakulan pendataan penerima bansos sasaranya orang tua hingga kini sudah ada dua laporan serta modusnya sama,” Kasat Reskrim Polres Ngawi, AKP Agung Joko Haryono.

Polisi minta warga supaya berhati-hati serta waspada jika ada orang mengaku menyalurkan bantuan atau apapun. Sebelum masuk rumah bersma orang itu lebih baik kroscek terlebih dahulu dengan pemerintah desa. [fiq/but]

window.fbAsyncInit = function() {
FB.init({
appId : ‘123312231068576’,
autoLogAppEvents : true,
xfbml : true,
version : ‘v4.0’
});
};

(function(d, s, id){
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “https://connect.facebook.net/en_US/sdk.js”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));

Sumber -> Beritajatim.com

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x