29 C
Sidoarjo
BerandaNasionalPentingnya ajari anak etika bersin batuk di tengah musim pancaroba #infoMenarik

Pentingnya ajari anak etika bersin batuk di tengah musim pancaroba #infoMenarik


cegah penyakit tersebut ke anak-anak kita

Jakarta (PortalSidoarjo.com) –

Orangtua diimbau untuk mengajari anak etika bersin serta batuk sejak dini untuk mencegah penularan penyakit infeksi saluran napas akut (ISPA) yang rentan di tengah pancaroba, kata spesialis anak dr Noor Anggrainy Retnowati, Sp.A.

 

Anggota Ikatan Dokter Anak Indonesia itu menjelaskan penyakit infeksi saluran napas disebabkan lingkungan lembap akibat perubahan suhu membuat virus serta kuman yang ditularkan lewat percikan liur (droplet) di udara jadi mudah berkembang.
 

“Untuk mencegah penyakit infeksi saluran napas melalui droplet atau percikan dahak, ajarkan anak secara dini etika bersin serta batuk,” kata dokter yang akrab disapa Anggra pada PortalSidoarjo.com, Selasa.
 

Ketika batuk atau bersin, sebisa mungkin tutup hidung serta mulut menggunakan tisu, kemudian buang ke tempat sampah. Bila tidak ada tisu, gunakan sapu tangan atau lengan baju bagian dalam serta bukan dengan telapak tangan, lalu cuci tangan dengan sabun serta air mengalir atau hand sanitizer supaya kembali bersih. Saat batuk serta bersin, gunakanlah masker supaya tidak menular ke orang lain.

 

Anggra menjelaskan perubahan iklim yang ekstrem tak cuma membuat virus atau kuman mudah berkembang, tetapi juga meningkatkan penyakit yang ditularkan lewat binatang seperti nyamuk, contohnya ialah demam berdarah dengue.

 

Genangan air yang muncul akibat hujan deras dapat meningkatkan risiko penyakit ini, oleh disebabkan itu dia mengajak orang-orang untuk melakukan 3M, yakni menguras serta menyikat, menutup tempat penampungan air, memanfaatkan atau mendaur ulang barang bekas. Ini merupakan upaya untuk mencegah nyamuk berkembang biak.

 

Penyakit lainnya yang dapat terjadi di tengah perubahan iklim ialah penyakit saluran cerna seperti diare yang disebabkan kurangnya air bersih.
 

Untuk mengantisipasinya, orangtua diajak untuk memberikan ASI eksklusif selama enam bulan demi imunitas anak, kemudian rutin mencuci tangan dengan sabun serta air mengalir sebelum serta sesudah makan.
 

Penting juga untuk mencuci tangan hingga bersih sesudah buang air kecil serta buang air besar, serta mengonsumsi makanan matang yang higienis serta menggunakan jamban sehat.

 

Dia mengingatkan orang tua untuk tetap menjalankan protokol kesehatan, menggunakan masker yang sesuai, jaga jarak di tempat umum, menghindari berkumpul di tempat umum serta memberikan imunisasi secara rutin untuk anak.
 

Sumber : Antaranews.com

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x