27 C
Sidoarjo
BerandaViral Trends Foto Xi Jinping Menjadi Tahanan Rumah setelah Dikudeta – #hoax...

[SALAH] Foto Xi Jinping Menjadi Tahanan Rumah setelah Dikudeta – #hoax #viral


Hasil Periksa Fakta Khairunnisa A.

Bukan foto Xi Jinping yang menjadi tahanan rumah setelah dikudeta. Faktanya, foto tersebut merupakan foto Xi Jinping saat mengunjungi Wuhan pada Maret 2020 lalu.

Selengkapnya di bagian Penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konteks yang Salah/False Context

= = = = =

SUMBER: Twitter
https://archive.cob.web.id/archive/1664164584.711231/singlefile.html

= = = = =

NARASI:

“Menyiapkan Diri jadi Presiden 3 Periode,
Presiden China Xi Jinping di kudeta oleh Jenderal Militer anggota PKC serta jadi tahanan rumah

Penerbangan Dalam serta Luar Negeri ditunda”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Twitter dengan nama pengguna “_melody_mellow” mengunggah sebuah foto yang menunjukkan Presiden Tiongkok, Xi Jinping, sedang duduk di depan sebuah gedung. Unggahan tersebut juga disertai narasi yang menyatakan bahwa foto tersebut merupakan foto Xi yang menjadi tahanan rumah.

Berdasarkan hasil penelusuran, foto tersebut bukan merupakan foto Xi Jinping yang menjadi tahanan rumah setelah dikudeta. Faktanya, foto tersebut merupakan foto Xi Jinping saat mengunjungi Wuhan pada Maret 2020 lalu.

Foto serupa telah dimuat dalam artikel Taiwan News yang berjudul “Photo of the Day: China’s ‘lonely dictator’” yang diunggah pada 12 Maret 2020. Selain itu, foto serupa juga pernah diunggah oleh akun Twitter dengan nama penguna “Mumtazz_Maneka” pada 14 Maret 2020.

Rumor terkait kudeta di Tiongkok sendiri memang sudah beredar sejak beberapa hari yang lalu. tetapi hingga saat ini, masih belum ada pernyataan resmi dari pemerintah Tiongkok maupun militer Tiongkok.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Twitter dengan nama pengguna “_melody_mellow” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konteks yang Salah/False Context.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.taiwannews.com.tw/en/news/3895650

https://twitter.com/Mumtazz_Maneka/status/1238524272471158786 (https://archive.cob.web.id/archive/1664169312.003714/singlefile.html)

https://economictimes.indiatimes.com/news/international/world-news/chinese-president-xi-jinping-removed-from-power-in-a-coup-heres-what-we-know-so-far/articleshow/94431729.cms

Penulis: Khairunnisa A.
Editor: Bentang Febrylian



Author -> Turnbackhoax.id

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x