26 C
Sidoarjo
BerandaViral Trends Video Penganiayaan Buruh Pribumi di Sulawesi – #hoax #viral

[SALAH] Video Penganiayaan Buruh Pribumi di Sulawesi – #hoax #viral


Hasil Periksa Fakta Khairunnisa A.

Bukan video penganiayaan buruh pribumi di Sulawesi. Video tersebut merupakan video penganiayaan seorang debt collector di Thailand yang gagal menagih pinjaman klien sesuai jadwal.

Selengkapnya di bagian Penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan/Misleading Content

= = = = =

SUMBER: Twitter
https://archive.cob.web.id/archive/1663662184.328249/singlefile.html
https://archive.cob.web.id/archive/1663664021.841264/singlefile.html

= = = = =

NARASI:

“Semua diam saking ketakutannya sehingga tidak berdaya untuk menolong, tidak ada informasi lebih siapa yg di siksa serta di mana kejadiannya.apa sebabnya

Mohon maaf informasinya belum lengkap yg baru dapet cuma informasi buruh pribumi di daerah Sulawesi. Yg pasti kejahatannya harus di ketahui Umum biar segera di cari”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Twitter dengan nama pengguna “Mencaricinta99” mengunggah sebuah video yang menunjukkan aksi penganiayaan terhadap seorang pria. Dalam utas yang sama, akun Twitter tersebut juga menyatakan bahwa korban penganiayaan ialah seorang buruh pribumi di Sulawesi.

Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut bukan merupakan video penganiayaan buruh pribumi di Sulawesi. Video tersebut merupakan video penganiayaan seorang debt collector di Thailand yang gagal menagih pinjaman klien sesuai jadwal.

Melansir dari media asal Thailand Daily News, debt collector yang menjadi korban penganiayaan gagal menagih pinjaman klien sesuai jadwal. Debt collector tersebut kemudian mengambil uang dari akun klien lain untuk dimasukkan ke dalam akun klien yang belum membayar pijaman.

Narasi serupa juga pernah beredar dengan narasi bahwa penganiayaan dilakukan oleh anggota PKI terhadap seorang pria yang baru selesai melaksanakan shalat. Artikel dengan topik tersebut telah dimuat dalam situs turnbackhoax.id dengan judul artikel “[SALAH] “perilaku PKI baru selesai shalat dihajar” yang diunggah pada 21 September 2022.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Twitter dengan nama pengguna “Mencaricinta99” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://today.line.me/th/v2/article/Er78k2

https://www.matichon.co.th/region/news_2465828

[SALAH] “perilaku PKI baru selesai shalat dihajar”

Penulis: Khairunnisa A.
Editor: Bentang Febrylian

Author -> Turnbackhoax.id

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x