31 C
Sidoarjo
BerandaViral Trends Trik Baterai Awet dengan Cara Dimasukan ke Magic Com – ...

[SALAH] Trik Baterai Awet dengan Cara Dimasukan ke Magic Com – #hoax #viral


Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Video tersebut tidak benar. Faktanya, menurut Dosen Teknik Elektro Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Profesor Muhammad Nizam metode tersebut berbahaya, baterai yang dipanaskan akan menimbulkan kerusakan fisik berupa kebocoran hingga meledak.

Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

= = = = =

SUMBER: Tiktok
https://web.archive.org/web/20220810000956/https://www.tiktok.com/@gandul977/video/7121213549505957147?_t=8Uavj1DApbV&_r=1

= = = = =

NARASI:
“jadi gak pernah beli batu battrey lagi selamanya”

caption
“trik biar batu battrey awet selamanya

edukasitiktok #creatip #fyp”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Tiktok Gandul Gt memposting sebuah video yang memperlihatkan trik baterai awet dengan cara dimasukkan ke dalam magic com. Dalam video tersebut diperlihatkan langkah-langkah caranya. Postingan tersebut sudah memperoleh like sebanyak 12.3K dengan 633 komentar.

Setelah ditelusuri, melansir dari Kompas.com Dosen Teknik Elektro Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Profesor Muhammad Nizam tidak menyarankan masyarakat melakukan trik tersebut untuk membuat baterai menjadi awet. Baterai yang dipanaskan akan menimbulkan kerusakan fisik berupa kebocoran hingga meledak. Bukan hanya itu, hal tersebut dapat beresiko mulai dari baterai mati hingga muncul kontaminasi jika ternyata dalam baterai tersebut mengandung zat yang mudah menjadi uap.

“Tidak disarankan, disebabkan berbahaya,” ujar Nizam, dikutip dari Kompas.com, Selasa (2/8/2022).

Menurutnya, peningkatan suhu di lingkungan baterai akan membuat elektron terstimulasi, sehingga seolah-olah baterai tersisi ulang serta berfungsi kembali. tetapi hal tersebut bersifat sementara. Pada kelembapan ruang tertentu atau suhu operasional baterai akan dapat beroperasi dengan baik. Sementara memanaskan di magic com merupakan metode berbahaya.

Dengan demikian video trik mengawetkan baterai dengan memasukannya ke dalam magic com tidak benar, serta masuk sebagai kategori konten yang menyesatkan.

REFERENSI:
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/08/03/190956582/hoaks-trik-baterai-awet-dengan-dipanaskan-di-magic-com?page=all

Penulis: Luthfiyah Oktari Jasmien
Editor: Dedy Helsyanto

Author -> Turnbackhoax.id

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x