32 C
Sidoarjo
BerandaNasionalBAT umumkan tiga besar Battle of Minds yang akan maju ke Asia...

BAT umumkan tiga besar Battle of Minds yang akan maju ke Asia Pasifik #infoMenarik


Jakarta (PortalSidoarjo.com) – British American Tobacco (BAT) Indonesia telah mengumumkan tiga besar proposal ide bisnis terbaik dari kompetisi Battle of Minds 2022 yang siap maju ke tingkat Asia Pasifik.

“Ketiga pemenang ini, kita melihat bagaimana teman-teman ini dapat membawa case-nya terkait lingkungan hidup, bagaimana memberikan impact melalui produk yang ditawarkan serta melihat apakah produk yang ditawarkan ini masih berupa ide atau sudah ada prototipenya atau bahkan sudah berjalan,” kata Head of Talent Attraction and Capability Development BAT Indonesia Jonathan Sembiring saat bertemu media di Jakarta, Senin (15/8) malam.

“Kita juga melihat bagaimana teman-teman ini dapat baik serta jelas mempresentasikan ide mereka terhadap pengembangan bisnisnya untuk beberapa tahun ke depannya,” sambungnya.

Hadir dengan tema “Anything is Possible”, kompetisi BAT merupakan wadah bagi generasi muda yang ingin memberikan dampak positif terhadap lingkungan hidup.

Dimulai sejak 12 Mei 2022, kompetisi tersebut memiliki jumlah pendaftar sebanyak 265 tim yang berasal dari kalangan mahasiswa, sarjana muda, serta profesional muda. Indonesia menjadi negara dengan pendaftar nomor dua tertinggi dibandingkan dengan BAT di negara-negara lain, setelah Bangladesh.

Setelah melalui tahapan penyaringan terhadap dari 265 tim yang mendaftar, diterima 182 proposal yang idenya dinilai sangat cemerlang. Selanjutnya, terpilihl 10 besar yang melaju ke babak penjurian nasional. Mereka ialah Econella, Black Soldier Corps, EcoplastID, Jastity, MethaCo, Kepul, MicroX, Maema, Water Coin, serta Mycofoam Teman Bumi, yang berasal dari berbagai kota di Indonesia.

Kesepuluh tim terbaik itu telah mempresentasikan ide bisnis mereka di hadapan para juri. Hasilnya, didapatkan tiga besar yang akan mewakili Indonesia ke tingkat Asia Pasifik, yaitu tim Econella dari Makassar, Kepul dari Medan, serta MicroX dari Yogyakarta. Selain itu, ada pula penghargaan kategori Social Star untuk tim MethaCo serta Favorite Team untuk tim Maema.

Tim Econella membawa ide bisnis mengenai produk Bioaditif, yang berawal dari keresahan disebabkan beberapa daerah di sekitar mereka mengalami kelangkaan bahan bakar minyak (BBM). Mereka juga melihat masalah lingkungan berupa bahan hasil pertanian reject yang tidak diterima pasar. Untuk itu, mereka memanfaatkan hal tersebut untuk diolah menjadi bioaditif.

Tim Kepul membawa ide bisnis mengenai manajemen limbah serta sampah. Mereka berinisiatif untuk menciptakan platform ojek online untuk menjemput barang-barang organik serta non-organik untuk didaur ulang.

Sedangkan tim MicroX membawa ide bisnis mengenai Bio CNG yang berawal dari masalah kenaikan gas LPG serta kebocoran limbah di peternakan sapi. Mereka kemudian menawarkan solusi yang terintegrasi dari dua masalah tersebut, dengan mengganti sumber LPG dengan biomassa.

Tim Econella, Kepul, serta MicroX berhak mendapatkan hadiah uang tunai dengan total 72 juta rupiah serta kesempatan untuk melakukan internship di BAT Indonesia sebagai bentuk pengembangan karir mereka.

Jonathan mengatakan, pihaknya juga akan memberikan serangkaian coaching serta mentoring untuk ketiga tim tersebut guna mempersiapkan mereka untuk berkompetisi di tingkat Asia Pasifik, dengan harapan dapat mengulang kesuksesan tim Ijo sebagai pemenang global Battle of Minds 2021 yang berasal dari Indonesia.

“Harapan kami juga kedepannya kompetisi ini terus menginspirasi para inovator muda lainnya untuk memimpin perubahan di negeri ini serta menciptakan dampak positif bagi lingkungan serta masyarakat sekitar,” pungkas Jonathan.

Sumber : Antaranews.com

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x