27 C
Sidoarjo
BerandaJatimHukum KriminalIni Modus Mantan Karyawan Finance di Mojokerto Tipu Puluhan Korban #hukrim

Ini Modus Mantan Karyawan Finance di Mojokerto Tipu Puluhan Korban #hukrim

Mojokerto (PortalSidoarjo.com) – Tak hanya melakukan aksi penipuan serta penggelapan terhadap para korbannya, Agus Dwianto (37) juga menipu serta menggelapkan mobil milik persewaan mobil (rental). Ada 12 unit mobil yang digelapkan mantan karyawan finance warga Dusun Tuwiri, Desa Seduri, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto tersebut.

Kasat Reskrim Polresta Mojokerto, AKP Rizki Santoso mengatakan, pelaku mengaku memiliki kerja sama dengan sebuah perusahaan yang membutuhkan mobil sewa. “Jika sudah cair dari leasing tersebut baru dibayar ke penjualnya tetapi ternyata setelah leasing itu cair, bukan uang diberikan ke penjualnya tapi digelapkan,” ungkapnya, Selasa (5/7/2022).

Yakni mobil dibawa kabur. Sementara BPKB mobil tersebut masuk leasing. Terjadi kesepakatan harga mobil Mitsubishi Pajero Sport 2.5 E Exceed nopol AG 1649 TT sekitar Rp180 juta. Kasat menjelaskan, tidak semua mobil hasil penipuan serta penggelapan tersebut dimasukkan ke leasing.

Baca juga :  Bongkar Sawah di Mojokerto, Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya Temukan Puluhan Kilo Sabu

“Modusnya, begitu digelapkan dari pemiliknya langsung digadaikan ke perorangan. Jadi setelah dia pinjam ke rentak, disewa langsung digadaikan ke orang lain. Ada yang rental, ada yang milik pribadi. Saat ini, sedang diproses disebabkan di sini kan korban bukan yang meleasingkan tapi pelaku,” katanya.

Pihaknya masih melakukan penyelidikan apakah ada pihak leasing terlibat dalam kasus penipuan serta penggelapan tersebut. Hingga saat ini, masih ada satu pelaku tetapi pihaknya masih mengembangkan kasus tersebut disebabkan diduga pelaku tidak sendiri.

“Ada 2 orang masih kita cari, masih saksi. Pelaku menggunakan KTP orang lain untuk melakukan pengajuan sewa mobil, ini yang masih kita telusuri. Nanti lebih detailnya akan kami sampaikan, alhamdulillah dari 12 unit belum sempat menyebrang jauh sehingga masih dapat kita amankan,” katanya.

Baca juga :  Tangkap 5 Pengedar Narkoba, Polres Probolinggo Sita 72,95 Gram Sabu

Puluhan barang bukti tersebut diamankan dari orang yang juga menjadi korban. Pelaku pinjam uang dengan jaminan kendaraan bukan miliknya tapi milik orang lain. Pelaku diamankan di Kota Mojokerto tetapi pengembangan kasus tersebut hingga wilayah Nganjuk.

Sementara itu, korban Abd Rohim (58) mengapresiasi Polresta Mojokerto serta jajaran yang telah mengungkap kasus penipuan serta penggelapan tersebut. “Saya mengucapkan banyak terima kasih disebabkan laporan saya kurang dari 24 jam, pelaku tertangkap. Terima kasih pada Kepolisian Resort Kota Mojokerto,” tuturnya.

Warga Dusun Ngreco, Desa Ngreco, Kecamatan Kandat, Kabupaten Kediri ini menambahkan, mobil miliknya tersebut ditawarkan anaknya di media sosial (medsos) Facebook (FB). Seminggu kemudian pelaku menawar serta sudah terjadi kesepakatan harga.

Baca juga :  Polisi di Probolinggo Amankan Pengemudi Calya dengan Plat serta STNK Palsu

“Mobil masih di rumah, yang beli orang Mojokerto maunya di leasing. Pelaku mengaku sebagai petugas leasing katanya serta pembeli mempercayakan pada dia. Saya diberi uang Rp28 juta dulu, BPKB dimasukkan serta saya diajak ke salah satu leasing untuk menyerahkan BPKB tapi mobil saya dilarikan pelaku,” jelasnya. [tin/suf]

Sumber -> Beritajatim.com

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x