27 C
Sidoarjo
BerandaJatimLuhut Sebut Penerapan Vaksin Booster Jadi Syarat Mobilitas Dua Minggu Lagi

Luhut Sebut Penerapan Vaksin Booster Jadi Syarat Mobilitas Dua Minggu Lagi

Luhut Binsar Pandjaitan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman serta Investasi selaku Koordinator PPKM Jawa-Bali mengatakan pemberlakuan vaksin booster sebagai syarat mobilitas masyarakat baru akan diterapkan paling lama dua minggu lagi.

Keputusan tersebut merujuk pada hasil Rapat Terbatas Kabinet yang dipimpin oleh Joko Widodo Presiden serta akan diatur melalui peraturan Satgas Penanganan Covid-19 serta peraturan turunan lainnya.

“Pemerintah akan kembali menerapkan kebijakan insentif serta disinsentif dengan kembali mengubah serta memberlakukan persyaratan vaksinasi booster sebagai syarat mobilitas masyarakat ke area publik. Selain itu, pemerintah juga akan kembali menerapkan persyaratan vaksinasi booster sebagai syarat perjalanan baik udara, darat, maupun laut, yang akan dilakukan maksimal dua minggu lagi,” kata Luhut dalam keterangan resminya mengutip Antara, Senin (4/7/2022).

“Untuk mendorong vaksinasi booster, syarat perjalanan serta masuk tempat umum seperti mall serta perkantoran, akan diubah jadi vaksinasi booster. Sentra vaksinasi di berbagai tempat, seperti bandara, stasiun kereta, terminal, serta pusat perbelanjaan juga akan diaktifkan kembali untuk memudahkan masyarakat mengakses vaksinasi,” imbuhnya.

Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 serta Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) itu menambahkan, pemerintah juga telah minta pada TNI, Polri, serta pemerintah daerah untuk kembali mendorong kebijakan vaksinasi serta juga tracing (pelacakan).

Hal itu dilakukan untuk mencegah kenaikan kasus secara meluas ke depannya sekaligus mempersiapkan langkah-langkah mitigasinya.

“Pemerintah hingga hari ini masih serta akan terus memberlakukan aturan PPKM Jawa-Bali hingga waktu yang masih belum ditentukan. Semua akan mengikuti hasil evaluasi yang dipimpin langsung oleh Presiden secara berkala,” tegasnya.

Luhut pun mengingatkan peran serta masyarakat merupakan kunci utama dari penanganan pandemi di Tanah Air sampai hari ini.

“Untuk itu, dari lubuk hati yang paling dalam, saya memohon pada masyarakat yang belum melakukan vaksinasi lengkap sampai booster untuk dapat segera mendatangi gerai-gerai vaksinasi yang sudah ada, demi kebaikan kita bersama dalam menghadapi pandemi serta pemulihan ekonomi yang masih berjalan saat ini,” kata Luhut.(ant/dfn)

Sumber -> Suara Surabaya

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x