28 C
Sidoarjo
BerandaNasionalKiat bantu kurangi konsumsi garam tapi tetap enak makan #infoMenarik

Kiat bantu kurangi konsumsi garam tapi tetap enak makan #infoMenarik


Jalarta (PortalSidoarjo.com) – Dokter umum sekaligusĀ pembuat konten Kesehatan, dr. Kevin Mak mengatakan penggunaan MSG dalam kadar yang wajar relatif aman bahkan efektif dalam menurunkan konsumsi garam harian secara signifikan serta tetap membuat rasa makanan tetap enak.

Hal itu ia sampaikan dalam seminar virtual Bersama Katadata serta Ajinomoto mengenai Mitos serta Fakta seputar MSG di Jakarta, Selasa.

ā€œGaram itu tetap kita perlukan untuk kegiatan sehari-hari serta supaya fungsi organ kita tetap optimal, tetapi dengan penambahan alternatif seperti MSG kita tetap dapat jaga kadar sodium atau natrium kita lebih rendah,ā€ ucap dr. Kevin.

Batas maksimal konsumsi MSG yang direkomendasikan WHO ialah 6 gram per hari. Sementara, Kemenkes RI merekomendasikan batas aman konsumsi MSG sebanyak 5 gram per hari.

Ia juga menepis anggapan mengonsumsi MSG dapat berpengaruh terhadap kecerdasan. Menurutnya, sampai tahun 2022 ini belum ada penelitian yang menyatakan MSG dapat menyebabkan dampak negatif pada otak.

Glutamat dalam MSG justru berperan aktif untuk pembentukan memori, disebabkan glutamat merupakan asam amino yang berperan sebagai neuro transmitter atau senyawa yang membantu proses otak kita berjalan efektif serta optimal.

ā€œJadi tidak ada hubungannya terhadap otak, sistem saraf pusat, maupun sistem saraf tepi kita,ā€ ucapnya.

Mitos lainnya yang konon keliru terkaitĀ MSG menurut dr. Kevin yaitu menyebabkan darah tinggi serta kanker. Dokter yang aktif dalam berbagai platform sosial media itu menegaskan faktor tertinggi terjadinya darah tinggi ialah dari keturunan, gaya hidup yang tidak aktif, radikal bebas serta pola makan yang tidak sehat.

Penggunaan MSG, menurur dia justru terbukti memiliki banyak manfaat salah satunya menurunkan kadar natrium, merangsang nafsu makan, membantu kerja enzim pencernaan serta kerja sel usus.

ā€œIni juga membantu pencernaan kita supaya menyerap nutrisi lebih efektif lagi, mulai dari rongga mulut, usus halus juga usus besar. Sehingga secara kumulatif bekerja sinergis serta baik untuk tubuh kita,ā€ tambahnya.

Dalam sejumlah penelitian dari 1997-2020 mengatakan bahwa dengan menggunakan MSG, dapat menurunkan konsumsi garam harian kurang lebih sebesar 30 persen.

MSG yang beredar di pasaran sudah mengantongi sertifikasi Halal MUI serta izin BPOM sehingga membuat bumbu masak ini aman dikonsumsi. tetapi meskipun demikian, MSG tetaplah harus dikonsumsi secara bijak sesuai anjuran penggunaan.

Sumber : Antaranews.com

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x