30 C
Sidoarjo
BerandaNasionalUNESCO nobatkan sup borshch sebagai warisan budaya Ukraina #infoMenarik

UNESCO nobatkan sup borshch sebagai warisan budaya Ukraina #infoMenarik


Jakarta (PortalSidoarjo.com) – Ukraina meraih kemenangan soal budaya di tengah perselisihan dengan Rusia setelah Organisasi Pendidikan Keilmuan serta Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) menetapkan sup bit tradisional borshch ke daftar warisan budaya Ukraina yang dilindungi.

UNESCO mengumumkan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka telah menetapkan borshch, sup merah berisi banyak sayuran, dalam daftar warisan budaya yang harus dijaga yang jadi bagian warisan budaya Ukraina yang terancam akibat invasi Rusia.

Menteri kebudayaan Ukraina, Oleksandr Tkachenko, menulis di Twitter: “Kemenangan atas perang untuk borshch telah kita dapatkan!”

Moskow mengecam status baru hidangan Ukraina yang dilindungi, yang juga populer di Rusia, sebagai contoh “nasionalisme kontemporer Kyiv”.

Seorang juru bicara UNESCO di Paris mengatakan status baru ini membuat Ukraina dapat mengajukan permohonan dana khusus untuk membiayai proyek-proyek yang mempromosikan serta melindungi hidangan tersebut.

Diana Kharanovych-Yavorska, seorang ilmuwan berusia 35 tahun yang menikmati semangkuk borshch pada sore yang cerah di Kyiv, mengatakan keputusan itu mewakili kemenangan atas Moskow, sangat signifikan dalam perang yang sudah berlangsung lima bulan.

“Bagi Ukraina, ini ialah kemenangan, mengingat Rusia selalu ingin mencuri sejarah kami, budaya kami, serta hidangan nasional kami,” katanya pada Reuters dikutip Minggu.

“Borshch Ukraina… dapat berbeda saat dimasak setiap ibu rumah tangga, tapi itu milik kita,” katanya.

Yevhenii Marshal, seorang koki di restoran pusat Kyiv, menjelaskan bahwa ada beberapa jenis utama borshch: bit merah tradisional, borshch hijau yang terbuat dari sorrel, serta bahkan sup yang terbuat dari ikan. Dia bersikeras bahwa semuanya berasal dari Ukraina.

“Tentu saja borshch ialah warisan Ukraina. Untuk menyiapkan borshch yang lezat, hal utama yang dibutuhkan ialah orang Ukraina asli (untuk menyiapkannya), serta juga rasanya,” kata Marshal sambil mengiris setumpuk wortel.

 

Sumber : Antaranews.com

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x