28 C
Sidoarjo
BerandaJatimSiap-siap, Fenomena Parade Langit 5 Planet Sejajar dapat Dilihat Besok dengan Mata...

Siap-siap, Fenomena Parade Langit 5 Planet Sejajar dapat Dilihat Besok dengan Mata Telanjang

Fenomena parade langit di mana lima planet terletak sejajar dapat disaksikan dengan mata telanjang akan terjadi besok, Jumat (24/6/2022).

Andi Pangerang, Peneliti Pusat Riset Antariksa BRIN mengatakan, kelima planet yang posisinya sejajar besok ialah Jupiter, Mars, Uranus, Venus serta Merkurius. Selain itu, besok bulan juga ada di posisi sejajar dengan kelimanya.

“Yang terbit paling awal Jupiter, Mars, Bulan, Uranus, Venus serta Merkurius,” kata Andi pada Radio Suara Surabaya, Kamis (23/6/2022) malam.

Andi menjelaskan, Saturnus terbit lebih dulu hari ini sekitar pukul 21.00 WIB, disusul Neptunus pukul 23.30 WIB.

“Lalu Jupiter jam 12.00 tengah malam, Mars jam 1 dini hari, Bulan 1.30 WIB, Uranus 2.45 WIB, Venus 3.45 WIB, serta Merkurius jam 4.15,” jelasnya.

Baca juga :  Holywings Ilegal, Setahun Tidak Memperbarui Surat Izin Usaha

Fenomena Parade Langit ini, kata Andi, dapat disaksikan dengan mata telanjang tanpa menggunakan teleskop bila cuaca cerah.

“Kalau Uranus disebabkan magnitudonya cukup besar maka memang cukup menantang. Kalau kondisinya sanget cerah kita dapat melihat Uranus bahkan tanpa menggunakan teleskop. Jika polusi udara cukup besar seperti di Surabaya maka Uranus hanya dapat disaksikan lewat teleskop,” jelasnya.

Untuk membedakan penampakan planet dengan bintang, Andi menjelaskan, bedanya ada di kerlipnya.

Kalau planet disebabkan jaraknya relatif dekat dengan bumi maka terlihat dari bumi tidak berkelip. tetapi bintang yang jaraknya dengan bumi sangat jauh, ditambah dengan gangguang atmosfer yang besar maka terlihat kelap-kelip.

Parade Langit ini terjadi disebabkan bertemunya laju orbit planet yang berbeda-beda di satu waktu yang sama.

Baca juga :  Geolog: Permukaan Tanah Sidoarjo Terus Turun disebabkan Aktivitas Warga hingga Eksploitasi Gas

“Setiap planet punya kelajuan orbitnya sendiri-sendiri. Seperti Merkurius mengorbit Matahari hanya 88 hari, yang paling lama ialah Neptunus mengorbit Matahari selama 164 tahun. Jadi disebabkan kelajuan orbit yang berbeda ada kalanya planet akan terletak di posisi yang jika diamati dari bumi seperti sejajar,” jelasnya.

Seperti sejajar, dijelaskan Andi disebabkan sebenarnya apabila diamati di atas tata surya sebenarnya tidak benar-sejajar.

“Ada yang di sebelah timur atau barat tapi terlihat oleh bumi seolah-olah satu garis lurus,” jelasnya.

Lima planet yang sejajar besok, kata Andi, dapat terlihat dari bumi disebabkan terletak di konstelasi yang berdekatan sehingga dapat disebut Parade Langit.

“Misal Venus serta Merkurius terletak di konstelasi Taurus, Uranus serta Bulan di Aries, Mars Jupiter serta Neptunus konstelasi Pisces,” pungkasnya.(dfn/ipg)

Baca juga :  Tak Terkalahkan, ITS Pertahankan Juara Umum KRI Lima Tahun Berturut-turut

Sumber -> Suara Surabaya

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x