30 C
Sidoarjo
BerandaJatimAturan Baru, PNS Bolos Kerja 10 Hari Berturut-turut Akan Dipecat

Aturan Baru, PNS Bolos Kerja 10 Hari Berturut-turut Akan Dipecat

Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bolos kerja selama 10 hari berturut-turut akan dipecat atau mendapat hukuman berupa pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri sebagai PNS.

Pemberhentian juga dapat dikenakan pada PNS yang tidak masuk kerja tanpa alasan yang sah secara kumulatif selama 28 hari kerja atau lebih, dalam kurun waktu satu tahun.

Aturan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Menteri PANRB No.16/2022 yang diterbitkan  Tjahjo Kumolo Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara serta Reformasi Birokrasi (PANRB).

Surat tersebut antara lain berisi aturan terbaru tentang jam kerja PNS. Kemudian, ada sanksi buat PNS yang melanggar ketentuan tersebut.

Dengan adanya aturan baru, Menteri PANRB berharap Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) membangun sistem pengawasan kehadiran pegawai yang cepat serta Persis, sesuai karakteristik tiap instansi.

Baca juga :  Jelang Puncak Haji, DPR Imbau Jemaah Haji Indonesia Fokus Jaga Stamina

Kemudian, aturan baru tersebut merupakan salah satu upaya pencegahan pelanggaran tidak masuk kerja yang lebih berat, serta percepatan pembinaan PNS yang melanggar ketentuan masuk kerja di lingkungannya.

Selain sanksi, Menteri PANRB juga memberikan kebebasan durasi hari kerja di tiap instansi. Boleh lima hari atau enam hari kerja per pekan.

“Tapi, PNS harus memenuhi jumlah jam kerja efektif bagi instansi pusat serta daerah, yaitu 37,5 jam dalam sepekan,” kata Tjahjo Kumolo, Kamis (23/6/2022).

SE 16/2022 ditujukan buat para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Sekretaris Kabinet, Panglima TNI, Kapolri, Jaksa Agung RI, Kepala BIN, serta Kepala LPNK.

Lalu, untuk Pimpinan Kesekretariatan Lembaga Negara, Kesekretariatan Lembaga Non Struktural, Pimpinan Lembaga Penyiaran Publik, Gubernur, Bupati serta Wali Kota.(rid/dfn/ipg)

Baca juga :  Pemprov Jatim minta Warga Optimalkan Pengaduan Jalan Rusak Melalui Jalak Loewe

Sumber -> Suara Surabaya

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x