29 C
Sidoarjo
BerandaViral Trends Vaksin mRNA Tidak Direkomendasikan Selama Kehamilan – #hoax #viral

[SALAH] Vaksin mRNA Tidak Direkomendasikan Selama Kehamilan – #hoax #viral


Hasil periksa fakta Ari Dwi Prasetyo.

Klaim tersebut salah. Faktanya, vaksin mRNA menurut penelitian dianjurkan untuk kehamilan disebabkan meningkatkan antibodi ibu serta janin.
Selengkapnya di bagian penjelasan serta referensi.

= = =
Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Twitter
https://archive.vn/lJbH0

= = =
Narasi:
“Secara harfiah: Vaksin mRNA COVID-19 tidak direkomendasikan selama kehamilan. Berapa banyak wanita hamil serta menyusui melakukan jab di Eropa ? Saya tidak kaget ketika ada anak umur 11 bulan serta 3 tahun meninggal disebabkan hepatitis di Inggris.”

= = =
Penjelasan:
Beredar sebuah narasi oleh akun Twitter @yo2thok yang mengatakan bahwa vaksin mRNA tidak direkomendasikan pada ibu hamil.

Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Menurut Journals.plos.org, penelitian menunjukkan bahwa vaksin berbasis mRNA (Pfizer–BioNTech serta Moderna) dapat mencegah infeksi SARS-CoV-2 di masa depan. Vaksin ini tidak menunjukkan bahaya yang jelas pada kehamilan. Reaksi merugikan yang paling sering ditemui ialah rasa sakit di tempat suntikan, kelelahan, serta sakit kepala, tetapi reaksi ini hanya sementara. Respon antibodi cepat setelah dosis vaksin pertama. Setelah vaksin booster, respon antibodi menjadi lebih kuat.

Selain itu melansir Covid-19.go.id, syarat yang harus dipenuhi oleh ibu hamil untuk melakukan vaksin ialah usia kandungan lebih dari 13 minggu atau antara 13-33 minggu, memiliki tekanan darah normal, tidak punya gejala atau keluhan pre eklampsia, serta tidak sedang menjalani pengobatan serta jika memiliki komorbid harus dalam kondisi terkontrol.
Ibu hamil dapat melakukan registrasi vaksinasi di tempat layanan vaksin atau faskes yang ditunjuk oleh pemerintah. Vaksin yang diperbolehkan untuk ibu hamil ialah Sinovac, Moderna, Pfizer sesuai ketersediaan.

Dengan demikian klaim oleh akun Twitter @yo2thok merupakan informasi yang keliru serta termasuk ke dalam kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =
Referensi:
https://covid19.go.id/edukasi/masyarakat-umum/vaksin-covid-19-aman-untuk-ibu-hamil
https://journals.plos.org/plosone/article?id=10.1371/journal.pone.0261350

= = =

Author -> Turnbackhoax.id

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x