25 C
Sidoarjo
BerandaJatimBrahmanaputra Marjadi Dilantik Jadi Adjunct Professor di FK Unair

Brahmanaputra Marjadi Dilantik Jadi Adjunct Professor di FK Unair

Prof. Brahmanaputra Marjadi dilantik menjadi Adjuct Profesor di Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga (Universitas Airlangga) yang untuk pertama kalinya dilakukan secara offline, setelah vakum selama dua tahun disebabkan pandemi.

Selesai dilantik, pengajar di Western Sydney University School of Medicine ini menyampaikan kebahagiaannya disebabkan dapat mengabdi ke almamaternya kembali.

“Saya beryukur sekali disebabkan dapat mengabdi ke almamater itu ialah cita-cita semua mahasiswa supaya dapat meneruskan serta mengembangkan kebesaran almamater,” kata Brahmana Selesai dilantik di Aula FK Unair, Selasa (24/5/2022).

Brahmana mengatakan meski sekarang sudah menetap di Australia tapi selama ini proyek-proyek penelitiannya banyak yang berbasis di Indonesia.

“disebabkan saya mempunyai peranan sebagai jembatan antara ke dua negara, di mana ilmu pengetahuan dari Indonesia ke Australia serta sebaliknya itu dapat berkembang melalui karya, apalagi Indonesia serta Australia bertetangga,” jelasnya.

Ia mengaku berniat untuk mengabdikan diri dalam pendidikan ilmu kesehatan masyarakat. “Kalau untuk penelitian kami sudah cukup banyak rencana agenda penelitian yang memang khususnya pada kaum marginal,” tegasnya.

Hal ini, kata Brahmana juga sudah didiskusikan dengan pihak Dekanat untuk meningkatkan hubungan kerjasama dengan masyarakat. “Bukan hanya masyarakat sebagai tuan rumah untuk penempatan mahasiswa, tetapi bagaimana masyarakat dapat memberi masukan untuk kegiatan pengabdian pada masyarakat itu bersifat dua arah,” sarannya.

Dengan cara ini, ia berharap tidak hanya memberi pada masyarakat, tapi juga menerima masukan dari mereka, tujuannya untuk memperbaiki penelitian maupun pengajaran.

Brahmana pun mengisahkan jika Indonesia serta Autralia dapat saling belajar satu sama lain.

“Saya kira yang berbeda itu ialah kerangka panjangnya, Indonesia serta Australia dapat saling belajar satu sama lain, disebabkan selama 8 tahun terakhir ini mengembangkan ilmu kesehatan masyarakat di Western Sydney University, berdasarkan pengalaman saya di Indonesia maka sekarang sudah waktunya saya membawa pendekatan yang saya kembangkan di sana kembali ke Universitas Airlangga untuk dikembangkan,” tuturnya.

Selesai pelatikan,  Prof. Dr. Budi Santoso, dr., Sp.OG (K) Dekan FK Unair menyampaikan jika sosok Brahmana Putra ialah alumni FK Unair angkatan 1989, yang mempunyai minat tinggi sebagai pendidik serta pernah menjadi dosen di Fakultas Kedoteran Universitas Wijaya Kusuma, lalu melanjutkan S2 serta S3 di Australia serta kini mengajar di Western Sydney University.

Prof Budi mengatakan, jika bidang yang jadi fokus utama Brahmana lebih ke public health atau ilmu kedokteran serta pencegahan kesehatan masyarakat.

“Bukan mengobati bukan mengoperasi Penderita tetapi lebih cara pencegahannya serta minatnya itu di mikrobiologi infection preventif atau pencegahan infeksi di bidang mikrobiologi,” jelasnya.

Prof Budi mengatakan disebabkan kedua orangtuanya masih di Surabaya serta memungkinkan Brahmana rutin pulang ke Surabaya, pihak FK Unair berinisiatif untuk mengajak Brahmana untuk berbagi ilmu pada mahasiswa FK Unair serta mengukuhkannya sebagai adjunct professor. (man/ipg)

Sumber -> Suara Surabaya

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x