26 C
Sidoarjo
BerandaJatimIndonesia Ada di Fase Pandemi Terkendali Bukan Endemi

Indonesia Ada di Fase Pandemi Terkendali Bukan Endemi

Dante Saksono Harbuwono Wakil Menteri Kesehatan RI mengatakan Indonesia sudah berada di fase pandemi Covid-19 terkendali. Masih membutuhkan sejumlah capaian lanjutan hingga dinyatakan sebagai endemi.

“Apakah kita dapat masuk fase endemi? Ada beberapa tahap yang harus dilewati, dari mulai pandemi, deseralasi, terkendali, eliminasi serta eradikasi,” kata Dante Saksono Harbuwono, dalam rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi IX DPR RI di Jakarta, Senin (23/5/2022).

Kata Wamenkes, saat ini Indonesia telah masuk periode pandemi Covid-19 yang telah terkendali. Alasannya, pandemi saat ini tidak menyebabkan gangguan pada aktivitas sosial masyarakat.

Kasus yang terus menurun secara konsisten serta angka kasus konfirmasi per hari sudah dapat diprediksi.

“Kami tidak dapat bilang sudah masuk dalam fase endemi, tapi pandemi yang terkendali,” katanya seperti melansir Antara.

Dante mengatakan saat ini perkembangan kasus Covid-19 di beberapa negara masih didominasi varian Omicron.

“Ada varian baru BA.4 serta BA.5, ini belum terlalu dominan serta belum ditemukan di Indonesia. Kami masih pantau Whole Genome Sequencing (WGS) kalau ada varian baru,” katanya.

Sebagai informasi, varian baru BA.4 serta BA.5 ialah turunan varian Omicron yang diperkirakan pakar kesehatan memiliki tingkat penularan yang lebih cepat dibanding Omicron.

tetapi secara hospitalisasi, kata Dante, tidak ada perbedaan dengan Omicron. Artinya, gejala yang dialami Penderita tertular cenderung ringan serta tidak memerlukan perawatan intensif di rumah sakit.

“Varian baru ini memiliki kemampuan netralisasi pada orang yang sudah divaksinasi. Artinya, orang yang sudah divaksinasi masih dapat kena atau immune escape,” katanya.

Dante mengatakan laju kasus Covid-19 di Indonesia cenderung rendah berdasarkan hasil pengamatan selama periode setelah Lebaran 2022.

“Saat ini sekitar 250 kasus baru setiap hari serta yang meninggal rendah. dalam rata-rata ada tiga orang di beberapa hari ini. serta hospitalisasi kebanyakan atas permintaan Penderita, tapi tidak ada kasus berat yang kelihatan,” katanya.

Sekitar 230 kasus berat yang dilaporkan dari sejumlah rumah sakit, sesuai konfirmasi Dante umumnya dialami Penderita lansia yang belum menerima vaksinasi lengkap.

“Ini jumlahnya sedikit. Umumnya pada Penderita lansia serta belum vaksinasi lengkap,” katanya.(ant/wld/ipg)

Sumber -> Suara Surabaya

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x