30 C
Sidoarjo
BerandaJatimPemerintah Akan Hentikan Subsidi Biaya Perawatan Penderita Covid-19 Secara Bertahap

Pemerintah Akan Hentikan Subsidi Biaya Perawatan Penderita Covid-19 Secara Bertahap

Muhadjir Effendy Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia serta Kemanusiaan mengatakan bahwa pemerintah akan menghentikan subsidi biaya perawatan Penderita Covid-19 secara bertahap seiring dengan penurunan kasus penularan virus corona.

“Secara bertahap, pasti itu. Kalau memang wabahnya sudah tidak ada masa harus disubsidi terus,” kata Muhadjir di Jakarta, Kamis (19/5/2022).

Lebih lanjut dia mengatakan pemerintah akan memperlakukan penanganan Covid-19 sebagaimana penanganan penyakit influenza biasa, yang pemeriksaan laboratorium untuk afirmasi kasusnya tidak mendapat bantuan pembiayaan dari pemerintah.

Pembiayaan pengobatan Penderita Covid-19, ia mengatakan, selanjutnya juga akan dikembalikan ke mekanisme pembiayaan dalam program jaminan kesehatan nasional yang dikelola oleh BPJS Kesehatan.

“Kalau sekarang kan tidak seperti itu, ditanggung semua oleh pemerintah,” katanya.

Muhadjir mengatakan bahwa penularan Covid-19 di Indonesia sudah terkendali, ditandai dengan terus menurunnya angka kasus serta tingkat kematian akibat penyakit itu.

​​​​​​”Di DKI, seperti rumah sakit rujukan itu sebagian besar yang meninggal itu bukan disebabkan Covid-19, yang paling tinggi ialah kanker, yang kedua itu ialah pneumonia non-spesifik, serta Covid-19 ranking 14, justru paling bawah,” katanya mencontohkan kondisi penularan Covid-19 di DKI Jakarta sebagai gambaran.

meski penularan Covid-19 sudah mulai terkendali, ia mengatakan, pemerintah tetap berhati-hati dalam menentukan langkah transisi menuju endemi.

“Tentu semua ini tidak berarti kita semborono. Tidak boleh sembarangan, tidak boleh menganggap enteng, disebabkan kita tidak tahu perkembangan virus ini,” katanya.

Ia menambahkan, virus corona varian baru dikonfirmasi muncul di negara lain.

“Maka tidak ada kata lain, kita harus waspada menghadapi Covid-19 ini. Mudah-mudahan kita berhasil menuju transisi endemi,” katanya, mengutip dari Antara.(ant/dfn/ipg)

Sumber -> Suara Surabaya

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x