34 C
Sidoarjo
BerandaJatimHari Suci Waisak, Menag Mengajak Umat Buddha Memperkuat Moderasi Beragama

Hari Suci Waisak, Menag Mengajak Umat Buddha Memperkuat Moderasi Beragama

Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama mengajak umat Buddha untuk memperkuat moderasi beragama dalam memperingati Tri Suci Waisak yang jatuh pada Senin (16/5/2022).

Dalam kesempatan yang sama, Menag Yaqut juga mengucapkan selamat memperingati hari Tri Suci Waisak 2566 tahun Buddhis pada seluruh umat Buddha Indonesia.

“Mari terus perkuat moderasi beragama serta rekatkan tali persaudaraan antar sesama,” ujar Yaqut dalam video rilis diterima di Jakarta, Minggu (15/5/2022).

Yaqut mengatakan hal tersebut sebagaimana diajarkan juga dalam kitab suci Dhammapada syair 194 bahwa kelahiran para Buddha merupakan sebab kebahagiaan, pembabaran pacaran benar merupakan sebab kebahagiaan, persatuan merupakan sebab kebahagiaan, serta usaha perjuangan mereka yang telah bersatu merupakan sebab kebahagiaan.

Tri Suci Waisak, kata Yaqut, senantiasa mengingatkan umat Buddha pada tiga peristiwa penting yaitu lahirnya Pangeran Siddharta, Pangeran Siddharta mencapai penerangan Agung serta menjadi Buddha, serta Buddha Gautama Parinibbana.

“Pangeran Siddharta telah mengajarkan umat Buddha tentang Majhima Patipada, ajaran tentang pentingnya praktek kehidupan beragama yang berprinsip jalan tengah atau moderat. Prinsip ini sangat dibutuhkan dalam jaga kerukunan serta kedamaian,” kata dia.

Menurutnya, seluruh umat Buddha Indonesia mempunyai tanggung jawab yang sama untuk ikut membangun masyarakat yang rukun, damai serta sejahtera, serta itu dapat dilakukan dengan memahami kebenaran Dharma yang hakiki.(ant/iss)

Sumber -> Suara Surabaya

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x