27 C
Sidoarjo
BerandaJatimHukum KriminalHari Raya Waisak, 1 Napi Lapas Lamongan yang Beragama Budha Dapat Remisi...

Hari Raya Waisak, 1 Napi Lapas Lamongan yang Beragama Budha Dapat Remisi Khusus #hukrim

Lamongan (PortalSidoarjo.com) – Jika pada momen Idulfitri 1443 H kemarin Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Lamongan menyerahkan remisi khusus pada 353 narapidana, kini di momen Hari Raya Waisak 2022 hanya 1 narapidana saja yang mendapat remisi khusus.

Mewakili Plt. Kalapas Lamongan, Kasi Binadik serta Giatja Dwi Achmad S membenarkan bahwa Lapas Lamongan hanya menyerahkan 1 remisi pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Hari Raya Waisak tahun ini.

“Bertepatan dengan Hari Raya waisak, Lapas Lamongan menyerahkan remisi pada 1 orang narapidana yang beragama Budha,” ujar Dwi Achmad pada wartawan, Senin (16/5/2022).

Ia menambahkan, pengusulan remisi ini dilakukan sesuai dengan peraturan yang berlaku, secara transaparan, cepat serta tanpa dipungut biaya apapun.

“Remisi ini berdasarkan Permen Nomor 7 Tahun 2022 tentang syarat serta tata cara pemberian remisi serta Integrasi (Asimilasi, Cuti Bersyarat, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, Cuti Mengunjungi Keluarga) pada Narapidana serta PP Nomor 99 Tahun 2012 tentang syarat serta tata cara pemberian hak WBP,” terangnya.

Menurut Dwi, dalam peraturan tersebut juga menyebutkan bahwa WBP yang berhak mendapat remisi yakni mereka yang telah menjalani masa pidana lebih dari 6 bulan penjara, berkelakuan baik, tidak menjalani hukuman disiplin selama 6 bulan terakhir (terhitung sebelum tanggal pemberian remisi). “Selain itu WBP tersebut juga telah mengikuti program pembinaan yang diselenggarakan oleh Lapas serta atau Rutan,” imbuhnya.

Lebih jauh, Dwi Achmad berharap, penyerahan remisi khusus pada narapidana di Hari Raya Waisak 2022 ini dapat meningkatkan pembinaan kerohanian menjadi lebih baik lagi. “Semoga dapat meningkatkan pembinaan kerohanian menjadi semakin baik lagi, dari yang selama ini telah berjalan baik di Lapas Kelas IIB Lamongan,” harapnya.[riq/kun]

Sumber -> Beritajatim.com

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x