29 C
Sidoarjo
BerandaSidoarjo RayaPolitik PemerintahanBangkitkan Perekonomian Desa, Gus Muhdlor Gelontor Sejumlah Program Untuk Mendukung Keberadaan...

Bangkitkan Perekonomian Desa, Gus Muhdlor Gelontor Sejumlah Program Untuk Mendukung Keberadaan…

Bangkitkan Perekonomian Desa, Gus Muhdlor Gelontor Sejumlah Program Untuk Mendukung Keberadaan BUMDes

Kominfo, Sidoarjo – Pembangunan infrastruktur desa terus digenjot Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor. Mulai dari program peningkatan jalan, penambahan penerangan jalan umum (PJU), program perbaikan fasilitas olahraga serta kebijakan yang berorientasi pada kemajuan ekonomi desa.

Salah satu kebijakan yang kini dirasakan desa yaitu adanya Bantuan Keuangan Khusus (BKK) desa. Dari anggaran BKK ini bupati mendorong pemerintah desa di Sidoarjo berlomba-lomba membangun perekonomian desanya masing-masing. Baik itu melalui pengelolaan BUMDes maupun unit usaha lainnya.

“Kemajuan daerah tergantung dari kemajuan desa. Oleh sebab itu kami mendorong serta memberikan dukungan melalui anggaran yang dapat dikelola pemdes untuk mengembangkan potensi ekonomi desa,” terang Gus Muhdlor Selesai meresmikan BUMDes Desa Bangah, Kecamatan Gedangan. Sabtu Malam, (14/5/2022).

Diketahui terdapat 322 desa di Sidoarjo dengan beragam potensi yang dimiliki. Sejak awal dilantik, bupati alumni Fisip Unair Surabaya itu sudah menunjukkan komitmennya membangun desa tujuannya supaya ekonomi kerakyatan tumbuh. Oleh sebab itu banyak program yang Ia gulirkan untuk desa.

Program tersebut lebih banyak fokus pada mendukung berkembangnya sektor ekonomi kerakyatan. Seperti program kredit murah Kurda Sayang yang kini dinikmati para pelaku ekonomi kreatif atau UMKM.

Sejak Gus Muhdlor menjabat, sudah ada sejumlah BUMDes yang diresmikan, diantaranya BUMDes wisata petik buah Kelengkeng di Desa Simoketawang, Kecamatan Wonoayu. Kemudian BUMDes Mitra Usaha Desa Sidorejo Krian yang bergerak pada pengelolaan warung Lapangan serta BUMDes Tri Karya Agung Desa Kebonagung, Kecamatan Sukodono.

“BUMDes di Sidoarjo saat sudah banyak yang berkembang serta maju. Bahkan sudah ada yang masuk kategori BUMDes mandiri. Kita akan terus mendorong supaya tiap desa memiliki BUMDes serta tugas pemerintah memberikan dukungan anggaran serta pendampingan sampai BUMDes tersebut mandiri,” terangnya.

Untuk menjaring masukan serta aspirasi masyarakat putra pengasuh Ponpes Bumi Sholawat Lebo itu tak segan turun langsung ke desa-desa.

Sumber » @pemkabsidoarjo

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x