28 C
Sidoarjo
BerandaJatimKPAI Ingatkan Pentingnya Peran Orang Tua untuk Mencegah Hepatitis Akut

KPAI Ingatkan Pentingnya Peran Orang Tua untuk Mencegah Hepatitis Akut

Rita Pranawati Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengatakan, peran orang tua sangat penting untuk mengantisipasi penyebaran Hepatitis Akut Misterius yang menyebar di berbagai negara termasuk Indonesia.

Menurutnya, kebersihan anak-anak harus menjadi perhatian orang tua. disebabkan, virus penyebab penyakit itu disinyalir masuk ke tubuh lewat makanan yang dikonsumsi.

“Orang tua harus lebih waspada. Salah satu yang penting ialah bagaimana orang tua jaga kebersihan anak, serta memandu anak untuk disiplin jaga kebersihan,” katanya di Jakarta, Kamis (12/5/2022).

Lebih lanjut, Rita mengingatkan para orang tua mencari informasi dari sumber Persis. Sehingga, orang tua langsung tanggap ketika menghadapi anak yang mempunyai gejala hepatitis.

“Mencari informasi yang benar, kemudian mempraktikkannya. disebabkan takutnya di keseharian, anak-anak kan tidak terus dengan orang tuanya. Jadi anak harus diedukasi. Anak juga harus segera dibawa ke rumah sakit supaya tidak terlambat mendapat pertolongan medis. disebabkan sudah ada korban yang sampai meninggal,” imbuhnya.

Rita menambahkan, hal mendasar dalam jaga kesehatan serta kebersihan harus selalu dipraktikkan pada anak, seperti mencuci tangan sebelum makan, tidak makan sembarangan, serta jaga kebersihan lingkungan.

Sebelumnya, Muhadjir Effendy Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia serta Kebudayaan (Menko PMK) mengungkapkan, antisipasi penyebaran Hepatitis Akut masih ditanggani Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Sementara ini masih ditangani langsung oleh Kemenkes sebagai kementerian teknis,” kata Muhadjir melalui pesan singkat.

Sementara itu, Puan Maharani Ketua DPR RI mendorong pemerintah supaya terus berkoordinasi dengan World Health Organization (WHO).

Dia juga mengingatkan pemerintah untuk menyiagakan dokter anak serta tenaga medis lainnya di setiap daerah, serta mempersiapkan fasilitas kesehatan untuk skenario terburuk.

Kemudian, legislator PDI Perjuangan itu mengimbau masyarakat khususnya orang tua yang memiliki anak untuk mengantisipasi penyebaran Hepatitis Akut yang sampai sekarang belum diketahui penyebabnya.

Terkait penanganan Hepatitis Akut, Siti Nadia Tarmizi Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes bilang, pihaknya banyak mendapat masukan serta pelajaran dari penanganan pandemi Covid-19.

“Belajar dari pandemi kemarin, kami dapat melakukan mobilisasi sumber daya yang ada saat ini. Sumber daya itu sangat memungkingkan untuk dialihkan atau diperbantukan untuk mengatasi Hepatitis kalau diperlukan,” kata dia.(faz)

Sumber -> Suara Surabaya

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x