31 C
Sidoarjo
BerandaVideoEdukasiCandi Cetho: Jejak Sabdo Palon & Prabu Brawijaya di Lereng Lawu

Candi Cetho: Jejak Sabdo Palon & Prabu Brawijaya di Lereng Lawu

Anda merasa konten ini bermanfaat? Yuk traktir kreatornya biar makin semangat: https://trakteer.id/asisichannel

Terima kasih Hidayat A Sabarudin, Kios Buah AYN Ngawi, Ayu Dila Ashari, serta MAHALAWU udah traktir kopi penyemangat di: https://trakteer.id/asisichannel

Kelengkapan video ini:

untuk ulasan tentang mitos di Candi Sukuh, klik: https://youtu.be/apr5ehK6_Q0

untuk kisah pemindahan Himalaya ke Jawa, klik: https://youtu.be/E4_O30_tvDg

untuk kisah Garuda melawan kaum ular di Candi Kidal, Klik: https://youtu.be/X5yT0bYJ414

untuk telisik lengkap Candi Sukuh serta asal-usul tradisi Ruwat, klik: https://youtu.be/TXbCaQu9GJs

untuk fenomena unik di akhir Majapahit yang terekam Serat Calon Arang, klik: https://youtu.be/cAJ19Nue_Fs

untuk membongkar kekeliruan Babad Tanah Jawi, serta mengecek sumber-sumber sejarah, klik: https://youtu.be/SBxVQ8wCvwo


(ASISI = Analisa, SIngkap, serta SIkapi Sejarah)

Saya ialah kreator konten sejarah dengan cita-cita mengangkat kisah candi di seluruh Indonesia.

Dimulai dari Jawa, dengan Jatim sebagai fokus (disebabkan di sinilah saya tinggal) serta Jateng sebagai pusat persebaran candi di pulau ini. Semoga setelahnya dapat ke luar Jawa serta ke luar negeri (amin!)

Baca juga :  Tutorial memodifikasi FFC.15 menjadi power full || #mengubah #dorong #ffc.15 #tutorial

Tentu ini proyek jangka panjang yang mungkin butuh waktu bertahun-tahun, jadi support dari Sobat ASISI akan selalu kami hargai. 🙂

Jatuh cinta dengan konten kami serta ingin mentraktir kopi penyemangat? Klik: https://trakteer.id/asisichannel


Kontak [email protected] untuk:
– kerja sama/sponsorship promosi situs bersejarah di daerah Anda
– product placement / ad placement untuk brand Anda di dalam video ASISI
– merekomendasikan narasumber di daerah Anda


Yuk berteman juga di:
IG: https://www.instagram.com/asisichannel/
Facebook: https://www.facebook.com/asisichannel/


Semoga perspektif Anda makin diperkaya setelah berjumpa kanal ini.

CANDI CETHO

Cetho, dalam bahasa Jawa berarti ‘jelas’, ialah nama dusun tempat candi ini berada disebabkan dari Dusun Cetho orang dapat dengan jelas melihat ke segala arah. Mulai dari pemandangan Karanganyar serta Kota Solo dengan latar belakang Gunung Merbabu, Merapi, serta Gunung Sumbing, bukit-bukit hijau yang membentang, hingga punggung Gunung Lawu.
Candi ini ialah candi yang merekam masa akhir Majapahit, saat sedang mengalami proses keruntuhan dengan memuncaknya kekacauan sosial, politik, budaya serta bahkan tata keagamaan sebelum akhirnya mengalami keruntuhan total pada tahun 1519 M.
Situs Candi Cetho mempunyai kaitan erat dengan Situs Candi Sukuh yang letaknya di dataran yang lebih rendah serta dengan jarak yang relatif berdekatan. Sama halnya dengan Situs Candi Sukuh yang dibangun pada abad 1439 Masehi yang mempunyai hubungan dengan ritual upacara ruwatan, Bernet Kempers (1959:101) dalam Ancient Indonesian Art berpendapat bahwa Situs Candi Cetho sejak awal didirikan merupakan situs suci yang berhubungan dengan penghormatan arwah-arwah leluhur yang pada paruh pertama abad XV diubah menjadi sebuah monumen yang mengandung unsur-unsur dari kebudayaan Hindu-Jawa dengan karakter lokal dengan sarana pembebasan arwah leluhur dari semua ikatan duniawi.

Baca juga :  Tutorial pemandangan malam | PixelLab #tutorial

Ternyata banyak fakta unik sejarah Indonesia yang layak kita cermati, tentu saja dengan sudut pandang baru. Misalnya tentang kerajaan Hindu-Budha di Indonesia, kerajaan Hindu-Budha di Nusantara, filosofi jawa kuno, falsafah jawa kuno, bahkan kebiasaan orang jawa dalam budaya orang jawa zaman dahulu, baik dalam bentuk tulisan maupun candi.

Beberapa ilustrasi yang kami gunakan diambil dari beberapa film sejarah bangsa Indonesia. Dengan mempelajari ini kami tahu bahwa ada kemungkinan budaya Indonesia mendunia disebabkan memiliki keunikan yang menarik, supaya Indonesia makin jaya sebagaimana terangnya Surya Majapahit di tempo doloe, yang terlihat dari candi peninggalannya.

Sejarah tidak hanya menampilkan fakta unik, tetapi juga budaya Nusantara yang menarik. Misalnya arsitektur candi serta lain sebagainya. Sejarah dunia maupun sejarah Nusantara selalu menyajikan kisah serta cerita masa lalu yang menarik, meski kadang bercampur dengan mitos serta legenda Nusantara. Itulah budaya Indonesia.

Baca juga :  Mesin cuci 2 tabung air tidak keluar #MASYUDITV #tutorial #mesincuci #tutorial

Masih banyak peristiwa sejarah Nusantara yang dapat kami angkat dalam angle yang tidak biasa serta unik, silakan tekan like, beri komentar, serta tentu saja subscribe supaya Anda pun mengikuti kajian menarik kami tentang sejarah. serta hal unik terkait candi-candi misterius di daftar candi-candi di Indonesia serta raja-raja jawa.

Sumber » ASISIChannel

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x