29 C
Sidoarjo
BerandaJatimKomunitas Juru Sembelih Halal Gelar Sertifikasi BNSP

Komunitas Juru Sembelih Halal Gelar Sertifikasi BNSP

Komunitas Juru Sembelih Halal (Juleha) Indonesia mengadakan pelatihan serta sertifikasi untuk juru sembelih dari berbagai wilayah di Indonesia.

Acara yang hasil kolaborasi Juleha Indonesia, Baznaz, Majelis Ulama Indonesia, Kementerian Pertanian, Badan Nasional Sertifikasi Profesi, serta Balai Besar Pelatihan Peternakan Songgoriti ini digelar pada tanggal 13-19 April 2022 di Gedung Islamic Center Surabaya.

Petrus Hariyanto, Ketua DPP Juleha Indonesia mengatakan peserta mencapai 40 orang serta berasal dari Riau, Banten, Jakarta, Majalengka, Bekasi, serta seluruh Jawa Timur.

“Kegiatan ini untuk melatih juru sembelih supaya dapat melaksanakan tugasnya sesuai syariat Islam. supaya masyarakat muslim Indonesia mendapatkan kepastian kehalalan serta kualitas daging,” kata dia.

Baca juga :  Bertemu Elon Musk di Markas Space X, Jokowi Presiden Diskusi tentang Investasi serta Kerja Sama

Peserta mendapatkan materi soal karakter serta kesehatan hewan ternak, teknik penyembelihan, serta mengenal perbilahan pisau. Kemudian tentang kemajuan peternakan moderen di dunia, penerapan teknologi serta bagaimana praktek menyembelih di RPH serta proses pemasaran daging halal.

Praktik penyembelihan hewan digelar di Rumah Potong Hewan Gresik serta Rumah Potong Hewan Surya di Pegirian, Surabaya pada selama 13-16 April 2022.

Melalui pelatihan serta sertifikasi ini Juleha Indonesia mempersiapkan tenaga penyembelih berkualitas yang siap bekerja sebagai tenaga Pakar di luar negeri secara profesional.

“Saatnya juru sembelih halal Indonesia maju serta menjadi solusi daging halal di dunia,” ujar Petrus

Pada kesempatan yang sama, Imam Fauzi dari DPW Juleha Indonesia Jawa Timur optimis profesi juru sembelih halal makin banyak diminati umat Islam.

Baca juga :  Pemkot Surabaya Siapkan Skema Pembangunan RS Gunung Anyar Tahun Ini

“Semoga di kemudian hari, setiap daerah di Indonesia dapat mendapatkan sosialisasi cara menyembelih halal yang mudah serta sesuai standar,” kata dia. (wld/bil/iss)

Sumber -> Suara Surabaya

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x