27 C
Sidoarjo
BerandaJatimHasil Investigasi Sementara Tim Labfor Nyatakan Kebakaran di TP 5 Bersumber dari...

Hasil Investigasi Sementara Tim Labfor Nyatakan Kebakaran di TP 5 Bersumber dari Gedung Bioskop

Sampai saat ini Tim Laboratorium Forensik Polda Jawa Timur masih terus melakukan investigasi serta penelurusan sumber kebakaran yang terjadi di Tunjungan Plaza 5 pada Rabu (13/4/2022) petang kemarin.

Berdasarkan hasil investigasi sementara Tim Labfor Polda Jatim yang dilakukan di Mal Tunjungan Plaza hari ini, Kamis (14/4/2022) mulai pukul 08.00 – 15.00 WIB, muncul dugaan bahwa kebakaran bersumber dari bagian luar teras sekitar plafon bioskop di lantai sepuluh.

“Ada empat lokasi yang terbakar, yaitu lantai 4, 5, 10 serta 11. Kemudian setelah ditelusuri, kami menemukan awal api kebakaran berasal dari lantai 10,” kata Kombes Pol Sodiq Pratomo Kepala Bidang Laboratorium Forensik Polda Jatim, Kamis.

Baca juga :  BNPT Menawarkan Tiga Cara Mengatasi Kejahatan Transnasional

“Barang bukti yang kami bawa sisa abu kebakaran, ada kabel, serta ada bekas lampu,” imbuhnya.

Sodiq Pratomo menyatakan investigasi saat ini masih terus dalam proses sinkroninasi temuan di lapangan, temuan barang bukti, keterangan saksi, serta gambar gedung teknis dari Tunjungan Plaza.

“Sampai saat ini kita belum dapat menyampaikan penyebabnya apa. disebabkan masih dalam proses pemeriksaan laboratorium. Mudah-mudahan 3-4 hari ke depan, dapat menghasilkan,” katanya.

Sementara itu, sebelum hasil sementara Tim Labfor Polda Jatim yang dirilis hari ini, ada dua versi dugaan awal penyebab kebakaran yang disampaikan Pemkot Surabaya serta pengelola Tunjungan Plaza, sesaat setelah kebakaran terjadi kemarin petang.

Dedik Irianto Kepala Dinas PMK Surabaya kemarin malam menyebut, asap paling pekat ditemukan di tempat permainan anak-anak yang berada di TP 5 lantai empat serta kompor salah satu resto yang belum mati.

Baca juga :  Pabrik Mebel di Trosobo Sidoarjo Terbakar

“Ini api pokok padam, tapi kok asap nggak berhenti-berhenti. Akhirnya kita kejar terus ini sumbernya dimana. Sampe akhirnya ketemu lah di tempat permainan anak-anak TP 5 lantai empat,” terang Dedik Irianto yang ditemui Selesai melakukan penyisiran di dalam Tunjungan Plaza, Rabu (13/4/2022) malam.

Sementara itu, Sutandi Purnomosidi Direktur Marketing Pakuwon Group selaku pengelola Tunjungan Plaza secara terpisah pada suarasurabaya.net, Kamis (14/4/2022) dini hari menjelaskan, sumber api diperkirakan berasal dari lantai 12.

“Jadi informasinya sumber api di perkirakan berasal dari short circuit chiller di lantai 12 serta api menjalar ke bawah dari ACP, facade building,” terangnya.(tha/dfn/ipg)

Sumber -> Suara Surabaya

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x