30 C
Sidoarjo
BerandaJatimMenperin Konsisten Pastikan Kelancaran Distribusi Minyak Goreng Curah

Menperin Konsisten Pastikan Kelancaran Distribusi Minyak Goreng Curah

Agus Gumiwang Kartasasmita Menteri Perindustrian, memastikan distribusi minyak goreng curah bersubsidi untuk masyarakat serta pelaku usaha mikro serta kecil berjalan lancar, sesuai dengan aturan pemerintah.

Menperin melakukan kunjungan kerja langsung ke PT Sabda Tirta Selaras salah satu distributor minyak goreng di Serang, Banten.

“PT Sabda ini kami lihat sudah cukup patuh dalam melaksanakan distribusi minyak goreng curah yang sesuai dengan arahan pemerintah. Patuhnya ini disebabkan mereka menjual ke D2-nya yang lebih dari 20 distributor, dengan harga Rp13.900 per kg, sehingga dari D2 menjual ke pengecernya dengan harga Rp14.400 per kg,” papar Menperin, Kamis (14/4/2022) dikutip Antara.

Menperin mengklaim, pihaknya tetap fokus untuk mengurai berbagai kendala dari produsen hingga distributor supaya penyaluran minyak goreng curah bersubsidi ini tepat sasaran.

“Contohnya salah satu kendala dari PT Sabda ini ialah pasokannya yang masih tersendat. Oleh disebabkan itu, tadi saya langsung telepon ke manajemen produsennya untuk segera meningkatkan supply serta produksinya,” terangnya.

Pada dua hari lalu, lanjut Agus, sudah ditandatangani serta dikirim Surat Menperin tentang peringatan pada 24 produsen minyak goreng supaya mematuhi peraturan pemerintah dalam meningkatkan produksinya.

“Dari 24 perusahaan tersebut, rata-rata produksinya masih 5 persen, bahkan ada enam perusahaan yang masih nol persen produksinya per hari ini. Nol persen itu disebabkan mungkin mereka tidak melaporkannya ke Sistem Informasi Minyak Goreng Curah (SIMIRAH),” ungkap Agus.

Oleh sebab itu, Menperin mengimbau pada seluruh produsen minyak goreng yang terlibat dalam program pemerintah ini dapat aktif melaporkan data produksi serta distribusinya melalui SIMIRAH, sehingga dapat termonitor secara real time.

“Bahwa permasalahan dari proses bisnis ini tidak hanya ada di satu lini, jadi harus diurai satu per satu, baik itu dari produsen, distributor, hingga ke pengecernya. Oleh disebabkan itu, kami terus mempercepat cari jalan keluarnya. disebabkan regulasinya sudah cukup baik, tinggal implementasinya. Kami juga sudah melakukan kerja sama dengan Polri untuk pengawasannya,” imbuhnya.

Menperin menambahkan, berdasarkan laporan per Rabu (13/4/2022) pagi, produsen sudah melaporkan penyaluran sebanyak 80 ribu ton selama 13 hari, atau sekitar 6.100 ton per hari. Sementara itu kebutuhan secara nasional sebesar 7.000-7.700 ton per hari.

“Jadi, para produsen ini sudah hampir memenuhi kebutuhan setiap harinya. Oleh disebabkan itu, kami terus memantau serta periksa data tersebut serta mengecek langsung ke lapangan,” tuturnya.

Dalam Permenperin Nomor 8 Tahun 2022, telah diwajibkan pada produsen untuk mencantumkan seluruh distributornya. Selain itu regulasi tersebut mengatur sanksi bagi pelaku usaha produsen minyak goreng sawit yang tidak menindaklanjuti peringatan, berupa teguran tertulis, denda, hingga pembekuan izin berusaha.

“Maka itu, kata kuncinya saat ini ialah pengawasan. Saya proyeksi seminggu ke depan, para produsen sudah mampu produksi rata-rata sebanyak 7.000 ton per hari, artinya akan memenuhi kebutuhan secara nasional,” ujar Menperin.

Kemenperin juga memastikan pembayaran klaim subsidi minyak goreng curah bersubsidi dapat dilaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku dengan menjunjung tinggi prinsip akuntabilitas serta kehati-hatian.

untuk membantu percepatan proses klaim, seluruh proses klaim pembayaran subsidi akan dilakukan secara online melalui SIINas yang terintegrasi dengan sistem BPDPKS.

“Dengan sistem klaim secara online, termasuk berdasarkan data penyaluran melalui SIMIRAH, Kemenperin memastikan pelaku usaha yang menjalankan penugasan penyaluran Minyak Goreng Curah Bersubsidi akan menerima haknya sesuai dengan kewajiban yang telah dijalankan,” pungkas Agus. (ant/bil/rst)

Sumber -> Suara Surabaya

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x