26 C
Sidoarjo
BerandaJatimPemicu Kebakaran di Gudang Margomulyo Permai Diduga dari Sakelar Listrik

Pemicu Kebakaran di Gudang Margomulyo Permai Diduga dari Sakelar Listrik

Dedik Irianto Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Surabaya mengatakan, kebakaran di Komplek Pergudangan Margomulyo Permai, Surabaya pada Selasa (12/4/2022) diduga dipicu korsleting dari sakelar listrik gudang barang elektronik.

Sebelum aktivitas kerja pagi dimulai, seorang karyawan menghidupkan sakelar listrik di ruangan kantor berukuran sekitar 2 x 5 meter tersebut. Lalu dia meninggalkan ruangan selama beberapa menit untuk berkeliling, tapi tiba-tiba asap keluar dari ruangan itu.

“Saat pintunya mau dibuka, kondisi sudah sangat panas. Kira-kira begitu info yang kami dapat. Lalu saat berhasil terbuka, api malah keluar serta menyulut barang-barang di sekitarnya,” kata Dedik pada suarasurabaya.net, (12/4/2022).

Sementara dalam kesempatan yang sama Ipda Jumeno Warsito Kanit Reskrim Polsek Sukomanunggal mengatakan belum dapat mengambil kesimpulan terkait sumber kebakaran. “Kami masih akan mendatangkan Tim Labfor besok,” kata Ipda Jumeno.

Baca juga :  Kemenkes Ungkap Ada 18 Laporan Kasus Dugaan Hepatitis Akut di Indonesia

Gudang penyimpanan barang elektronik di kompleks pergudangan Margomulyo Permai blok Q12 serta Q14 dilaporkan terbakar pada Selasa (12/4/2022) pagi. Kebakaran terjadi sejak pukul 08.30 WIB, tapi laporan masuk di Command Center baru pukul 08.59 WIB.

Keterlambatan pelaporan serta sulitnya akses pemadaman akibat robohnya atap besi yang memuai akibat suhu terlalu panas membuat kebakaran ini susah dipadamkan.

“Kami datang posisi api sudah besar,” tutur Dedik

Dedik Irianto menyebut, disebabkan kondisi sudah flashover atau kondisi suhu yang sudah mencapai maksimal, akhirnya sempat ada tiga petugas pemadam yang tangannya sempat melepuh saat berupaya melakukan pemadaman.

Api pokok berhasil di padamkan sekitar pukul 13.58 WIB, tapi pembasahan masih tetap dilakukan hingga sore hari.

Baca juga :  Uni Eropa Sahkan Penggunaan Aplikasi PeduliLindungi di Wilayahnya

“Saat kami tiba, gudang dua lantai berisi barang elektronik sudah dalam kondisi ambruk. Rangka atapnya yang terbuat dari besi memuai serta hampir roboh menutup akses masuk. Akhirnya kami kerahkan dua Bronto dari sisi utara serta selatan. Jadi disemprot dulu dari atas. disebabkan kalau tidak, petugas akan berisiko tertimpa atap besi yang dapat sewaktu-waktu roboh disebabkan memuai,” jelasnya.

Dedik menyebut, Tim Damkar telah menerjunkan 23 unit mobil pemadam serta 2 Bronto ditambah satu unit backhoe untuk membantu menggeser barang-barang elektronik yang telah terbakar serta menghalangi akses masuk untuk penyemprotan.(tha/iss/ipg)

Sumber -> Suara Surabaya

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x