29 C
Sidoarjo
BerandaJatimBPOM Setop Sementara Peredaran Kinder Joy

BPOM Setop Sementara Peredaran Kinder Joy

Badan Pengawas Obat serta Makanan (BPOM) menghentikan sementara peredaran produk cokelat berbentuk telur merek Kinder.

Penghentian itu dilakukan menyusul adanya laporan produk Kinder Surprise di Inggris yang diduga terkontaminasi bakteri Salmonella (non-thypoid).

Penny Kusumastuti Lukito Kepala BPOM menyebut langkah tersebut dilakukan dengan mengedepankan prinsip kehati-hatian, meski pun cokelat merek Kinder yang ditarik di negara-negara Eropa berbeda dengan cokelat merek Kinder yang terdaftar di BPOM RI.

“Badan POM akan menghentikan peredaran produk merek Kinder untuk sementara waktu, sampai dipastikan produk tersebut tidak mengandung cemaran bakteri Salmonella. BPOM juga mengawal serta memastikan penghentian peredaran tersebut dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku,” katanya lewat keterangan tertulis, Senin (11/4/2022).

Baca juga :  Wali Kota Surabaya minta Hasil Kinerja Pejabat Pemkot Disampaikan ke Media Massa

Produk merek Kinder yang terdaftar di BPOM berasal dari India dengan nama varian produk antara lain yaitu, Kinder Joy, Kinder Joy for Boys, serta Kinder Joy for Girls. Produk tersebut diproduksi oleh Ferrero India PVT, LTD.

“BPOM akan melakukan random sampling serta pengujian di seluruh wilayah Indonesia terhadap produk merek Kinder yang terdaftar,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Penny mengimbau masyarakat melaporkan ke BPOM kalau menemukan produk cokelat merek Kinder yang tidak terdaftar melalui Contact Center HALOBPOM atau Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) Balai Besar/Balai/Loka POM di seluruh Indonesia.

“Sebagai perlindungan terhadap masyarakat, BPOM terus melakukan pengawasan sebelum produk beredar serta setelah produk beredar untuk mengawal keamanan, mutu, serta gizi pangan,” katanya.

Baca juga :  Ketua DPR Fasilitasi KIP Afirmasi untuk Beasiswa 146 Mahasiswa UMNU

BPOM juga minta masyarakat menjadi konsumen cerdas, serta tidak mudah terpengaruh isu yang beredar dengan selalu melakukan Cek KLIK (Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar, serta Cek Kedaluwarsa) sebelum membeli atau mengonsumsi produk pangan.

Sekadar informasi, Food Standard Agency (FSA) Inggris menerbitkan peringatan publik terkait penarikan secara sukarela produk cokelat merek Kinder Surprise disebabkan diduga terkontaminasi bakteri Salmonella, tanggal 2 April 2022,

Salmonella dapat menimbulkan gejala sakit seperti diare, demam, serta kram perut. Korban yang terdampak sebanyak 63 orang anak-anak, serta tidak sampai menyebabkan kematian.

Produk yang ditarik ialah produk cokelat merek Kinder Surprise dalam kemasan tunggal 20 gram serta kemasan isi 3,20 gram, dengan batas tanggal kedaluwarsa masing-masing produk sampai dengan tanggal 7 Oktober 2022.

Baca juga :  Jatuh Saat Putar Balik, Pengendara Sepeda Motor Meninggal di Tambak Osowilangon

Kemudian, penarikan produk diperluas dengan menambahkan beberapa varian yaitu produk merek Kinder Surprise kemasan 100 gram, Kinder Mini Eggs kemasan 75 gram, Kinder Egg Hunt Kit kemasan 150 gram, serta Kinder Schokobons kemasan 200 gram dengan tanggal kedaluwarsa 20 April-21 Agustus 2022.

Semua produk cokelat Kinder diproduksi oleh Ferrero N.V/S.A di Belgia. Keseluruhan produk cokelat merek Kinder yang ditarik di Inggris tidak terdaftar di BPOM.(rid/bil/ipg)

Sumber -> Suara Surabaya

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x