29 C
Sidoarjo
BerandaJatimPemkot serta DPRD Surabaya Resmikan Tim Cagar Budaya untuk Kelola Wisata Heritage

Pemkot serta DPRD Surabaya Resmikan Tim Cagar Budaya untuk Kelola Wisata Heritage

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya mengesahkan Tim Pakar Cagar Budaya (TACB) Surabaya periode 2022-2027, pada sidang paripurna di Gedung DPRD Kota Surabaya pada, Senin (11/4/2022).

Selesai pengesahan, Eri Cahyadi menyampaikan, disahkannya Tim Pakar Cagar Budaya ini diharapkan dapat memaksimalkan serta memanfaatkan bangunan cagar budaya untuk sosial ekonomi.

Menurutnya, ketika bangunan cagar budaya itu dipertahankan maka dapat dimanifestasikan sebagai wiasata heritage (warisan).

“Oleh disebabkan itu, saya berharap setelah disahkan tim ini maka tugas mereka ialah terus mengembangkan wisata heritage, terutama yang ada bangunan cagar budayanya di Kota Surabaya. Mungkin nanti dapat dikoneksikan dengan hotel serta wisata lainnya, sehingga menjadi satu paket yang tidak dapat dipisahkan dari pengembangan wisata Surabaya,” kata Eri.

Baca juga :  21 Warga Binaan Buddhis Jatim Dapat Remisi Waisak

Eri melanjutkan, pemkot bersama DPRD Surabaya sudah sepakat bahwa TACB ini tidak hanya bertugas secara formal serta biasa-biasa saja.

tetapi lebih daripada itu, juga mengurusi wisata heritage se Surabaya.

Tidak hanya itu, tim TACB juga harus berperan dalam memanfaatkan bagunan cagar budaya supaya dapat terus dilestarikan serta tidak menjadi beban bagi pemiliknya.

“Nah, itulah yang menjadi salah satu PR dari Tim Pakar Cagar Budaya ini. Jadi, tugas mereka nantinya bagaimana memanfaatkan bangunan cagar budaya ini, apakah di bentuk pengembangan wisata atau bagaimana?” katanya.

Eri juga menegaskan bahwa tim yang tergabung dalam TACB ini ialah para akademisi yang Pakar di bidangnya, sehingga diharapkan dapat memberikan banyak masukan untuk menyempurnakan Kota Surabaya ke depannya.

Baca juga :  Human Error Mendominasi Penyebab Kecelakaan di Sidoarjo Selama Operasi Ketupat 2022

Menurutnya, Surabaya menjadi kota kelas dunia tapi wisata heritage serta bangunan cagar budayanya harus tetap dipertahankan, disebabkan nilai lokalitas menjadi daya tarik tersendiri bagi Kota Surabaya.

“Jadi, Surabaya itu kota kelas dunia yang bangunan heritage serta cagar budayanya tetap dipertahankan, sehingga dapat menarik orang untuk terus datang ke Kota Surabaya ini,” tegasnya.

Adapun susunan tim TACB Surabaya Periode 2022-2027 ialah Dr. Ir. Retno Hastijanti sebagai Ketua, Prof. Dr. Purnawan Basundoro sebagai Sekretaris, beserta empat anggota lainnya, yaitu Ir. Handinoto, Missa Demettawati, Drs. Sumarno, Prof. Ir. Johan Silas. (wld/bil/ipg)

Sumber -> Suara Surabaya

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x