32 C
Sidoarjo
BerandaJatimMelanggar Lalu Lintas di Jawa Timur, Siap-Siap Dapat Janur Kuning

Melanggar Lalu Lintas di Jawa Timur, Siap-Siap Dapat Janur Kuning

Bagaimana jadinya jika pelanggar peraturan lalu lintas malah mendapatkan “cenderamata” janur kuning?

Ditlantas Polda Jatim kini telah menyiapkan sebuah inovasi khusus dalam menyambut pelaksanaan Operasi Ketupat Semeru 2022 mulai tanggal 29 April sampai 9 Mei 2022.

Polisi akan menyematkan janur kuning di kendaraan para pelanggar. Fungsinya untuk mengingatkan para pengendara atas tindakannya.

Janur tersebut juga sebagai tanda bahwa kendaraan telah terdeteksi Electronic Traffic Law Enforcemen (ETLE) disebabkan melanggar peraturan yang ada.

Selanjutnya pengendara wajib membayarkan denda sesuai dengan pelanggaran yang telah dibuat.

Berdasarkan keterangan resmi Ditlantas Polda Jatim yang diterima Suara Surabaya pada, Minggu (10/4/2022), janur kuning tersebut bukan sekedar untuk menandai kendaraan pelanggar lalu lintas saja, akan tetapi juga memiliki sebuah filosofi.

Baca juga :  Pimpinan DPR minta Penculik serta Pencabulan Belasan Anak Dijerat dengan UU TPKS

“Jan artinya jannah (Surga), serta Nur artinya cahaya. Sedangkan kuning memiliki artian suci, yang artinya janur kuning ini memiliki makna dasar berupa suatu Cahaya dari Surga yang Suci. Aktualisasi pada bidang transportasi ialah suatu pedoman tertib berlalu lintas yang akan menghasilkan nilai positif atau manfaat untuk kita semua, yakni keselamatan serta keamanan berkendara,” tulis keterangan tersebut.

Maksud serta target inovasi ini untuk emberikan edukasi pada masyarakat akan petingnya keselamatan berlalu lintas hingga sampai target.

Selain itu, juga sebagai bentuk kehadiran Polisi di tengah masyarakat yang sedang mudik, sebagai bentuk interaksi positif petugas dengan pemudik dalam hal tertib berlalulintas.

Pemudik yang melihat adanya pemasangan janur kuning pada kendaraan lain, juga dapat lebih waspada terhadap pengemudi kendaraan tersebut. Inovasi ini, juga dapat mengingatkan pemudik supaya lebih waspada peduli terhadap keselamatan diri pribadi serta sesama pengguna jalan lainnya.(bil/iss)

Baca juga :  Kejaksaan Terima SPDP Perkara Pembunuhan Calon Dokter di Pasuruan #hukrim

Sumber -> Suara Surabaya

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x