27 C
Sidoarjo
BerandaJatimJelang Rencana Unjuk Rasa BEM SI, Mahasiswa Surabaya Masih Adem Ayem

Jelang Rencana Unjuk Rasa BEM SI, Mahasiswa Surabaya Masih Adem Ayem

Kompol Edi Hartono Kepala Satuan Intelijen Keamanan (Kasat Intelkam) Polrestabes Surabaya menyampaikan bahwa besok tanggal 11 April 2022 tidak ada unjuk rasa mahasiswa di kota pahlawan.

“Sampai saat ini masih negatif adanya aksi, tapi sore serta malam nanti mahasiswa se-Surabaya akan melakukan konsolidasi aksi,” ujar Edi Hartono pada suarasurabaya.net, Minggu (10/4/2022).

Seperti diketahui, aliansi BEM Seluruh Indonesia (SI) pusat berencana akan mengadakan unjuk rasa di depan Istana Negara, Jakarta pada Senin (11/4/2022). Mereka membawa enam tuntutan yang akan disuarakan pada Joko Widodo Presiden.

Enam tuntutan tersebut di antaranya, penegasan sikap dari Joko Widodo untuk menolak penundaan pemilu serta perpanjangan periode serta tuntutan tentang penundaan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru.

Baca juga :  Pegawai Perhutani Melakukan Demonstrasi Menolak Berlakunya KHDPK

Selain itu, adapula tuntutan ketiga, empat serta lima ialah tentang stabilitas harga sembako, pengusutan mafia minyak goreng, hingga penyelesaian konflik agragria.

Terkait tidak adanya rencana unjuk rasa mahasiswa di Surabaya pada 11 April, Ach Faiq Koordinator Wilayah BEM SI Jawa Timur (Jatim) mengatakan, pihaknya masih menunggu hasil konsolidasi dari universitas yang tergabung sebagai anggota BEM SI Jatim, di wilayah masing-masing.

“Sejauh ini 22 anggota BEM SI Jatim masih dalam tahap konsolidasi di wilayah masing-masing. Setelah hasilnya keluar, baru kita putuskan lebih lanjut apakah turun ke jalan atau tidak,” terangnya pada suarasurabaya.net, Minggu (10/4/2022).

meski demikian, Faiq menambahkan, terdapat beberapa Universitas di Jawa Timur yang akan melakukan unjuk rasa di wilayah masing-masing, mengikuti yang ada di Jakarta.

Baca juga :  Enam Korban Luka Kecelakaan Bus Pariwisata di Tol Sumo Sudah Dipindah ke Surabaya

“Memang ada kampus anggota BEM SI Jatim yang besok akan melakukan unjuk rasa mengikuti isu nasional. Tapi, mereka tidak mengatas namakan BEM SI,” tambahnya.

Beberapa wilayah di Jatim yang dimaksud akan melakukan unjuk rasa besok, antara lain Malang Raya, beberapa Kabupaten di Bangkalan, serta Jember. Sementara untuk wilayah Surabaya Raya masih belum ada indikasi unjuk rasa.

Sebagai informasi, laporan yang diterima dari Tim Khusus Badan Intelejen Strategi (BAIS) menyebut, unjuk rasa di Jakarta pada 11 April 2022 akan diikuti kurang lebih total 47 kampus negeri serta swasta yang tergabung dengan BEM SI.

Unjuk rasayang baru dimulai pukul 13.00 WIB itu memiliki dua alternatif titik sentrum yaitu di Perpustakaan Nasional atau Sarinah, serta finish di Istana Negara pada pukul 16.00.

Baca juga :  Open Trip Bromo All In Cuma 300rb-an !!! ]10-11 Juni 20221 Orang dapat Daftar !!!Yuk kapan…

tetapi, apabila pada pukul 17.00 massa unjuk rasa tidak diperbolehkan masuk ke Istana Negara, akan berpotensi terjadi kerusuhan.(wld/bil/iss)

Sumber -> Suara Surabaya

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x