32 C
Sidoarjo
BerandaJatimDigadang Jadi Venue Kejuaraan Internasional, Gubernur Khofifah Pamerkan Paralayang Pantai Modangan

Digadang Jadi Venue Kejuaraan Internasional, Gubernur Khofifah Pamerkan Paralayang Pantai Modangan

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Provinsi Jawa Timur memamerkan salah satu potensi wisata yang dimiliki Jawa Timur yaitu paralayang Pantai Modangan, di Dusun Kalitekuk, Desa Sumberoto Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang.

Pantai yang ada di Malang Selatan tepatnya 65 kilometer dari Kota Malang itu memiliki keunggulan sebagai venue olahraga paralayang dengan pemandangan yang eksotis.

“Saya berkesempatan langsung mengunjungi lokasi bukit di Pantai Modangan yang biasa dijadikan untuk ajang turnamen paralayang. Memang di kawasan Pantai Modangan ini banyak bukit-bukit, lokasinya indah sekali, mereka yang bermain paralayang disuguhi pemandangan eksotis laut lepas yang menawan dari ketinggian,” ujar Khofifah dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net, Minggu (10/4/2022).

Bahkan, sekarang kawasan Pantai Modangan rutin jadikan venue gelaran bergengsi kejuaraan paralayang baik skala regional mau pun nasional.

Baca juga :  Metrologi di Era Digital Jadi Bahasan Seru BSN Sambut Hari Metrologi Sedunia

Mulai dari event Paralayang 1 tahun 2 kali oleh Liga Jatim, menjadi tuan rumah Kejuaraan Paralayang Trip Of Indonesia (TROI) pada tahun 2018 serta 2019, serta dipergunakan sebagai venue latihan para atlet nasional paralayang.

Kata Khofifah, kondisi angin yang stabil dari bukit-bukit tersebut serta ditambah dengan venue pemandangan laut lepas yang biru serta menawan membuat Pantai Modangan menjadi tempat yang ideal untuk aktivitas paralayang.

Oleh sebab itu, dia bertekad supaya Pantai Modangan dapat dikembangkan lagi sebagai venue olahraga paralayang skala internasional.

“Pemprov Jatim bersama Pemkab Malang siap meningkatkan kelengkapan amenitas serta infrastruktur pendukung supaya memenuhi standar internasional demi tercapainya target Pantai Modangan dapat jadi venue paralayang berskala dunia,” tuturnya.

Baca juga :  10 sekolah di Ambon Fokus Penerapan Kurikulum Mulok Musik

Khofifah melanjutkan harapannya supaya Pantai Modangan dapat menggelar event internasional seperti Sirkuit Mandalika yang ada di Nusa Tenggara Barat.

“Jadi, kalau Indonesia sudah punya Sirkuit Mandalika sebagai venue balapan tingkat dunia, maka kami ingin Pantai Modangan ini jadi venue paralayang skala internasional,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Khofifah juga menyampaikan tentang akses menuju ke Pantai Modangan yakni Jalan Raya Donomulyo-Pagak-Malang kini sudah lebar.

“Akses jalan sudah lebar, ke depan hanya perlu sedikit perbaikan disesuaikan dengan kelas jalan yang ke depannya diarahkan untuk menjadi jalan nasional,” sambungnya.

tetapi, kata Khofifah, untuk jalan menuju ke lokasi Paralayang Pantai Modangan dari jalan raya memang masih kurang lebar untuk dapat dilalui mobil berpapasan serta sekitar 100 meter masih berupa jalan tanah.

Baca juga :  Pimpinan DPR minta Penculik serta Pencabulan Belasan Anak Dijerat dengan UU TPKS

Selain itu jalan dari lokasi Paralayang menuju ke Pantai Modangan hanya dapat dilalui sepeda, sepeda motor mau pun jalan kaki.

Terkait kondisi itu, Pemprov Jatim siap untuk melakukan peningkatan utamanya terkait kualitas akses jalan supaya dapat lebih memadai bagi wisatawan, atlet mau pun pengunjung yang lain.

“Tapi, yang jadi kekuatan besar kita, di kawasan Malang Selatan sudah ada JLS, yang kita harapkan akan menjadi penopang akses strategis menuju lokasi paralayang Pantai Modangan. Sedangkan infrastruktur pendukung yang lain secara bertahap kita akan lengkapi serta siapkan demi mendorong kian majunya sport-tourism di Jawa Timur. Yang tentu saja diharapkan dapat mendongkrak kesejahteraan masyarakat di kawasan Malang Selatan,” pungkas Khofifah.(wld/rid)

Sumber -> Suara Surabaya

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x