28 C
Sidoarjo
BerandaJatimAS Luncurkan Misi Penelitian Astronaut Swasta Pertama ke ISS

AS Luncurkan Misi Penelitian Astronaut Swasta Pertama ke ISS

NASA, Axiom Space, serta SpaceX meluncurkan misi astronaut swasta pertama ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Space Station/ISS) pada Jumat (8/4/2022).

Kru multinasional empat orang itu terdiri dari Komandan Michael López-Alegría serta Larry Connor Pilot dari Amerika Serikat, Eytan Stibbe Spesialis Misi dari Israel, serta Mark Pathy Spesialis Misi dari Kanada.

Dikutip dari Antara, misi dengan nama sandi Ax-1 tersebut, diluncurkan dengan roket Falcon 9 milik SpaceX pada pukul 11.17 Eastern Time, atau pukul 22.17 WIB, dari Kompleks Peluncuran 39A yang bersejarah di Kennedy Space Center NASA, Florida.

Sekitar tiga menit setelah lepas landas, SpaceX mengonfirmasi cut-off mesin utama serta pemisahan tahap pertama serta Falcon 9 mendarat di pesawat tak berawak A Shortfall of Gravitas yang ditempatkan di Samudra Atlantik.

Baca juga :  42 Tahun Mengenang Fatmawati, Sosok Membanggakan serta Menginspirasi

Wahana antariksa Dragon yang mendukung misi ini sebelumnya juga menerbangkan misi Demo-2 serta Crew-2.

Para kru dijadwalkan melakukan penambatan (docking) dengan ISS sekitar pukul 05.30 Eastern Time (16.30 WIB) pada Sabtu (9/4).

“Dalam misi 10 hari tersebut, para kru akan tinggal selama delapan hari di ISS untuk melakukan sejumlah penelitian ilmiah, penjangkauan (outreach), serta kegiatan komersial lainnya,” ungkap NASA dalam keterangan resminya.

Menurut Axiom Space, penelitian ilmiah mereka akan mencakup teknologi perakitan mandiri untuk satelit serta habitat luar angkasa masa depan, studi sel induk kanker, serta pemurnian udara.

Misi Ax-1 ini merupakan misi pertama Amerika untuk penerbangan luar angkasa berawak ke ISS, yang sepenuhnya dijalankan oleh pihak swasta atau pribadi.

Baca juga :  Bus Pariwisata Menabrak Rambu serta Terguling di Tol Mojokerto, Penumpang Meninggal serta Luka-Luka

Misi tersebut merupakan puncak dari upaya NASA untuk mendorong pasar komersial di orbit Bumi rendah serta juga awal dari era baru eksplorasi ruang angkasa, yang memungkinkan lebih banyak orang terbang ke luar angkasa dengan lebih banyak jenis misi.

“Misi astronaut swasta ini ialah salah satu bagian dari upaya kami secara keseluruhan,” kata Angela Hart manajer program Pengembangan Orbit Bumi Rendah Komersial NASA.

“Kami juga memungkinkan kegiatan komersial yang akan dilakukan para kru di stasiun luar angkasa, serta kami bekerja sama dengan industri swasta untuk mengembangkan stasiun komersial masa depan di orbit guna menciptakan ekosistem destinasi yang kuat bagi pelancong antariksa di masa depan,” ungkap Hart. (ant/bil/iss)

Baca juga :  Hari Suci Waisak, Menag Mengajak Umat Buddha Memperkuat Moderasi Beragama

Sumber -> Suara Surabaya

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x