27 C
Sidoarjo
BerandaWisata KulinerHidup SehatTips Puasa Sehat Bagi Penderita Sakit Jantung, dr. Hari Yudha Afrianto, Sp.JP...

Tips Puasa Sehat Bagi Penderita Sakit Jantung, dr. Hari Yudha Afrianto, Sp.JP (K) RS Muhammadiyah #hidupsehat #tipssehat

Tips Puasa Sehat Bagi Penderita Sakit Jantung, dr. Hari Yudha Afrianto, Sp.JP (K) RS Muhammadiyah Lamongan
#tipspuasa #sakitjantung #puasaramadhan

4 Kiat Sukses Berpuasa untuk Penderita Penyakit Jantung

Puasa ialah kewajiban setiap umat Islam yang mampu secara fisik serta batin. tetapi, bagi orang dengan masalah kesehatan tertentu seperti penyakit jantung (kardiovaskuler), puasa harus penuh pertimbangan; antara manfaat serta efek samping yang mungkin terjadi.
Lantas, apa saja hal yang perlu diperhatikan penderita sakit jantung untuk menjalankan puasa?

Puasa membuat Anda tidak makan serta minum sekitar 13 jam. Pada Penderita penyakit jantung, hal ini dapat mengganggu rutinitas minum obat harian yang diresepkan dokter. Padahal, Penderita diwajibkan minum obat secara rutin untuk mencegah kekambuhan gejala penyakit jantung, seperti nyeri serta sesak napas.

Baca juga :  Masak Makanan Sehat supaya Tidak Mudah Terkena Virus | Tips Sehat Cinta Laura Kiehl #hidupsehat #tipssehat

Penderita gagal jantung misalnya, jika tidak minum obat secara teratur, kondisinya akan semakin memburuk. Oleh disebabkan itu, Penderita penyakit kardiovaskular ini harus minta persetujuan dokter yang menangani kondisinya lebih dahulu.

Dokter akan memeriksa kondisi fisik Penderita terlebih dahulu. Jika dokter memberikan lampu hijau, penderita penyakit jantung boleh untuk menjalankan puasa.

Dokter biasanya mengizinkan Penderita untuk berpuasa, ketika kondisi tubuh Penderita stabil serta dosis obat Penderita minum pada waktu sahur serta berbuka, yakni 1 atau 2 kali sehari.

Anda yang mendapat lampu hijau dari dokter, perlu mengikuti anjuran puasa yang sesuai. Lebih jelasnya, patuhi panduan aman berpuasa untuk Penderita sakit jantung berikut.

  1. Penuhi kebutuhan nutrisi selama puasa
  2. Cukupi asupan air putih, sesuai dengan kondisi tubuh
  3. Jangan lupa istirahat
  4. Lakukan pemeriksaan kesehatan rutin

    Sumber artikel »

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x