26 C
Sidoarjo
BerandaNasionalNusantaraTuan Rumah Kamerun Lolos 8 Besar setelah Tekuk 10 Pemain Comoros

Tuan Rumah Kamerun Lolos 8 Besar setelah Tekuk 10 Pemain Comoros

KAMERUN – Tuan rumah Kamerun susah payah lolos ke perempat final Piala Afrika setelah menang 2-1 atas Kepulauan Comoros yang dipaksa memasang bek sebagai penjaga gawangnya serta bertanding dengan 10 pemain sejak menit ketujuh babak pertama.

Dalam pertandingan di Yaounde itu, Comoros memasang bek kiri Chaker Alhadhur sebagai penjaga gawang setelah dua dari tiga penjaga gawang mereka absen disebabkan Covid-19 serta satu lagi absen disebabkan cedera. Mereka kemudian kehilangan kapten Nadjim Abdou setelah diusir keluar lapangan pada menit ketujuh. Karl Toko-Ekambi membawa Kamerun unggul sebelum kapten Vincent Aboubakar mencetak gol keenamnya dalam turnamen ini.

Meskipun demikian Comoros bertanding dengan heroik yang membuat pertandingan tetap hidup sampai akhir berkat gol dari tendangan bebas yang menakjubkan dari Youssouf M’Changama. The Indomitable Lions jaga impian menjuarai Piala Afrika di negeri sendiri tetap hidup ketika maju ke babak delapan besar guna menghadapi Gambia, Sabtu pekan ini. Sekalipun demikian tim yang justru lebih menarik perhatian ialah Kepulauan Comoros.

Negara kepulauan kecil di Samudra Hindia itu lolos ke babak 16 besar dalam penampilan pertamanya pada Piala Afrika setelah finis sebagai salah satu tim peringkat ketiga terbaik dari fase grup.

tetapi, mimpi mereka berubah menjadi mimpi buruk ketika total 12 pemain serta staf dinyatakan positif Covid-19 dua hari sebelum melawan Kamerun, termasuk penjaga gawang Ali Ahamada serta Moyadh Ousseini.

Penjaga gawang lainnya, Salim Ben Boina, cedera tetapi mereka sempat berharap Ahamada dapat bermain sebagai starter setelah dinyatakan negatif pada hari pertandingan.

Ahamada yang berusia 30 tahun terbang dari Garoua yang menjadi tempatnya mengisolasi diri, ke Yaounde pada Senin sore dengan harapan dapat bermain, tetapi Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF) memutuskan sebaliknya disebabkan hasil tes menyebutkan positif hanya dua hari sebelum laga.

Alhadhur, bek kiri cadangan untuk klub Ligue 2 Prancis Ajaccio pun ditunjuk sebagai kiper. Dia yang biasanya mengenakan kostum nomor 3, terlihat mengenakan kostum kiper dengan nomor menggelikan disebabkan nomor 3 pada kostumnya ditumpuk dengan nomor 16.

Kejadian ini menggelikan. Comoros semakin menderita ketika Abdou diganjar kartu merah langsung disebabkan melanggar Moumi Ngamaleu setelah wasit asal Ethiopia meninjau ulang pelanggaran yang dilakukannya dari video.

Bukannya menyerah, Comoros bertanding sengit serta baru kebobolan pada menit ke-29 ketika Aboubakar memberi umpan pada Toko-Ekambi untuk mencetak gol.

Negeri kepulauan yang pelatihnya Amir Abdou termasuk di antara mereka yang absen setelah dinyatakan positif, hampir menyamakan kedudukan tak lama setelah Ahmed Mogni memaksa kiper Kamerun Andre Onana melakukan sebuah penyelamatan gemilang.

Gol Aboubakar pada babak kedua dianulir disebabkan offside sebelum menggandakan kedudukan menjadi 2-0 pada 20 menit tersisa setelah menyelesaikan dengan sangat baik umpan Martin Hongla.

tetapi semangat Comoros tidak runtuh dengan menciptakan gol peliput lara dari jarak 35 meter yang dicetak M’Changama. Comoros pun tersisih dengan kepala tegak. (antara/rek)

Sumber »

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x