30 C
Sidoarjo
BerandaNasionalNusantaraOmicron Meningkat, Aktifkan Kembali Isoter di Jatim

Omicron Meningkat, Aktifkan Kembali Isoter di Jatim

SURABAYA – Penderita terkonfirmasi positif Covid-19 varian Omicron di Jawa Timur terus meningkat. disebabkan itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa minta para bupati serta wali kota untuk menyiapkan tempat isolasi terpusat (isoter).

Menurut Khofifah, warga yang positif tes polymerase chain reaction (PCR) akan ditindaklanjuti dengan pengiriman sampel untuk whole genome sequencing (WGS) ke Institute of Tropical Disease (ITD) Universitas Airlangga. WGS merupakan sistem untuk memastikan apakah kasus positif PCR merupakan varian Omicron atau bukan.

“Sampel biasanya diambil berdasarkan CT value Penderita. Semula WGS dilakukan pada Penderita dengan hasil PCR dengan CT value di bawah 25. Minggu ini arahan dari kementerian kesehatan, WGS dilakukan pada kasus positif dengan CT Value di bawah 30. Artinya, ada kehati-hatian yang lebih supaya dapat memberikan proteksi bagi masyarakat terhadap varian Omicron,” jelas Khofifah, Senin (17/1).

Baca juga :  Open Trip Bromo All In Cuma 300rb-an !!! ]10-11 Juni 20221 Orang dapat Daftar !!!Yuk kapan…

Data sementara, Penderita positif Omicron di Jatim sebanyak 8 orang. Masing-masing Kota Surabaya 6 orang, Kota Malang 1, serta Kabupaten Malang 1 orang. Gubernur Khofifah mengimbau masyarakat untuk tetap tenang serta tidak panik.

“Pemprov Jatim bersama seluruh pemerintah daerah, TNI/Polri serta pemangku kepentingan lain telah melakukan langkah antisipasi serta koordinasi sejak November 2021. Hal ini diiringi upaya masif vaksinasi pada seluruh masyarakat,” jelasnya.

Terkait simpang siur informasi isu lockdown di Desa Banjararum, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Khofifah menegaskan bahwa pemerintah mengambil kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro lingkup rukun tetangga (RT) terkait kasus Omicron.

“Penderita yang terkonfirmasi positif Covid-19 varian Omicron telah diisolasi di safe house Kepanjen. Sedangkan 20 orang yang kontak erat telah dilakukan tracing serta testing,” katanya.

Baca juga :  Spill panggon nyangkruk [email protected]_bar daerah sidokareAlamat e jl.sidokare asri pp 03pan…

Khofifah mengatakan, Penderita terkonfirmasi satu orang positif dengan CT 29 akan diisolasi juga sesuai dengan pedoman dari kemenkes. Sejumlah langkah protektif akan diambil pemerintah daerah. “Yakni, menerjunkan satgas Covid-19 untuk memantau aktivitas warga di Desa Sumberarum,” katanya.

Khofifah mengatakan, petugas akan membatasi mobilitas warga Desa Banjararum untuk meminimalkan potensi penyebaran Covid-19 varian Omicron. Pengetatan mobilitas warga tersebut dilakukan secara terbatas. Di lokasi itu telah dilakukan penyekatan. Warga luar tidak boleh masuk kecuali ada kepentingan mendesak. “Sedangkan warga sekitar diminta membatasi aktivitasnya,” katanya.

Selain itu, lanjut Khofifah, isolasi terpadu (isoter) juga diaktifkan lagi. Mulai tenaga kesehatan, relawan, hingga penyediaan tabung oksigen. Sebab, tidak semua rumah warga punya halaman, kamar mandi, serta tempat makan terpisah. “Kalau isoman sendiri, khawatir terjadi proses transmisi,” ungkapnya. (mus/rek)

Baca juga :  SEMUA dapat JAJAN DARI IDOLA LOKAL REK! Onok macem-macem resto idola para warga Sidoarjo seng …

Sumber »

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x