31 C
Sidoarjo
BerandaNasionalNusantaraAnugerah Diktiristek 2021: UNESA ‘Boyong’ 2 Penghargaan Nasional

Anugerah Diktiristek 2021: UNESA ‘Boyong’ 2 Penghargaan Nasional

SURABAYA – Universitas Negeri Surabaya (UNESA) raih dua penghargaan nasional sekaligus dalam Anugerah Diktiristek 2021 yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset serta Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset serta Teknologi (Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek) di Gedung D Kompleks Kemendikbudristek, Jakarta, Kamis, 13 Januari 2022.

Pada kesempatan itu, UNESA mendapat Anugerah Humas Terbaik dalam kategori Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (LAPOR) serta Anugerah Kerja Sama Terbaik ke-2 dalam kategori Pengelolaan Data Kerja Sama untuk Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Layanan Umum (PTN BLU).

Dirjen Diktiristek, Kemendikbudristek, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., IPU, Asean Eng., menyatakan bahwa program anugerah tersebut diselenggarakan setiap tahun untuk anugerah Humas serta Jurnalisme. tetapi, tahun 2021 ditambah anugerah Kampus Merdeka serta Kerja Sama. Empat anugerah itu bertujuan untuk mendorong kolaborasi pentahelix di perguruan tinggi.

Anugerah Diktiristek 2021 UNESA ‘Boyong 2 Penghargaan NasionalRektor UNESA Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes menunjukkan dua penghargaan Anugerah Diktiristek dari Ditjen Diktiristek Kemendikbud. (ISTIMEWA)

Salah satu kunci program tersebut, tambah Nizam, bagaimana kampus serta stakeholder diantaranya media dapat berkolaborasi membangun optimisme kampus serta masyarakat. Anugerah tersebut juga untuk mendorong transformasi penyelenggaraan serta pelayanan bidang pendidikan di tanah air lewat peran penting serta inovasi perguruan tinggi.

Baca juga :  Polda Imbau Pelaku Pencabulan Santriwati Segera Menyerahkan Diri

“Saya berharap serta mohon dukungan seluruh pimpinan perguruan tinggi untuk merelakan anak-anak (mahasiswa, red) untuk menemukan masa depannya, melepas mereka terbang bebas menemukan hari esoknya serta dunia baru yang menjadi dunia mereka. Tugas kita ialah membekali mereka dengan fondasi yang kuat,” ucapnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Negeri Surabaya (UNESA) Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes yang langsung menerima penghargaan tersebut mengucapkan terima kasih pada Ditjen Dikti atas anugerah tersebut. Selain itu, juga mengapresiasi seluruh jajaran bidang kerja sama serta kehumasan UNESA atas dedikasinya sehingga ‘berbuah’ penghargaan.

Anugerah itu, merupakan suatu kehormatan yang dapat menjadi pemantik dalam meningkatkan kualitas kerja sama, pelayanan informasi publik serta kehumasan di UNESA. “Saya berterima kasih sekali, ini motivasi bagi kami, apalagi anugerah kategori LAPOR, Universitas Negeri Surabaya ialah satu-satunya PTN BLU yang mendapat predikat terbaik tingkat nasional,” katanya.

Baca juga :  Hallo rek mulai saiki ati-ati yo rek akeh laporan nang mimin nek saiki akeh begal nang sidoarjo…

Wakil Rektor Bidang Perencanaan serta Kerja Sama, Dr. Sujarwanto, M.Pd., menambahkan, belakangan ini UNESA memang menjalin kerja sama dengan banyak pihak dalam serta luar negeri, termasuk dengan dunia usaha serta dunia industri (DUDI).

“Spirit MBKM itu muaranya  juga di bagian kerja sama, disebabkan itu kita gandeng banyak pihak, sehingga mahasiswa maupun dosen dapat mengembangkan kompetensinya lewat program magang maupun riset di mitra,” katanya.

Dia melanjutkan, UNESA terus melebarkan kerja sama berbagai bidang dengan pemerintah pusat, provinsi, hingga kabupaten. Terbaru misalnya, UNESA menandatangani nota kesepahaman kerja sama dengan 837 SMK-se-Jawa Timur. Kerja sama itu tujuannya untuk meningkatkan kualitas lulusan SMK sehingga tidak hanya mampu diserap dunia kerja serta industri, tetapi dengan skill serta kompetensinya juga mampu membuka lapangan pekerjaan.

Secara kelembagaan, kerja sama membentuk tim Task Force tingkat universitas hingga tingkat fakultas serta unit. Secara konten, kerja sama sesuai dengan indikator kinerja utama (IKU) serta strategi teknis lain melalui liga kerja sama internal serta eksternal. Semua prodi di unesa 100 persen memiliki kerja sama.

Baca juga :  Disebut Jadi Bacagub DKI, Risma Bilang Tak Pernah minta Jabatan

“Target kami tentu bukan hanya memperbanyak kerja sama, tetapi juga memperhatikan bagaimana kualitas serta dampak yang dihasilkan dalam setiap kerja sama tersebut, utamanya bagi mahasiswa serta tentunya juga untuk kemajuan serta kesejahteraan masyarakat. untuk sampai ke sana, kita perlu jalinan serta pengelolaan kerja sama yang baik serta itu yang terus saya dorong,” tandasnya.

Sementara itu Kepala Humas UNESA, Vinda Maya Setianingrum, M.A, mengungkapkan, Anugerah Humas Terbaik itu merupakan bagian dari semangat untuk terus meningkatkan kualitas kinerja dalam pelayanan informasi publik.

“Fokus kami tidak hanya bagaimana menyediakan informasi untuk publik, tetapi juga menyediakan ruang interaksi serta komunikasi antara publik dengan humas sebagai corong perguruan tinggi. Setiap informasi yang masuk dari publik menjadi bagian penting dalam pengembangan perguruan tinggi yang lebih maju serta unggul ke depannya,” tuturnya. (hms/jay)

Sumber »

Must Read

Related News