31 C
Sidoarjo
BerandaNasionalNusantaraBus Sekolah Beroperasi Lagi di Surabaya setelah Vakum Dua Tahun

Bus Sekolah Beroperasi Lagi di Surabaya setelah Vakum Dua Tahun

SURABAYA – Selama dua tahun bus-bus sekolah tidak beroperasi di Surabaya gara-gara pandemi Covid-19. Mulai kemarin bus-bus itu beroperasi lagi setelah pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen mulai digelar kembali di Jawa Timur.

Beberapa pelajar mengaku senang dengan beroperasinya bus gratis itu. Ariel, pelajar kelas 11 SMAN 1 Surabaya, mengaku baru pertama kali ini menaiki bus sekolah. Ia sebelumnya banyak menggunakan Suroboyo Bus. “Asyik juga naik bus sekolah,” katanya, Senin (10/1).

Menurut dia, sarana bus gratis itu akan memudahkannya untuk berangkat ke sekolah. Selain itu, ada rasa aman serta nyaman. Berbeda dengan menggunakan transportasi lainnya. “Ya, mudah aksesnya serta pasti aman,” tutur pelajar SMAN 1 Surabaya tersebut.

Baca juga :  Guru Tari Setubuhi Tujuh Anak di Malang dengan Modus Meditasi

Hal senada diucapkan oleh Krisna, pelajar kelas 12. Ia mengaku rindu menggunakan sarana transportasi khusus pelajar sekolah itu. Krisna selama ini berangkat serta pulang dijemput dengan mobil. tetapi, sejak kemarin ia mulai kembali menggunakan bus untuk berangkat ke SMAN 5 Surabaya.
“Ya, kangen juga naik bus sekolah. disebabkan dapat bersama dengan teman-teman, dapat ngobrol juga,” katanya.
Ia mengaku mengetahui bus sekolah beroperasi kembali dari akun media sosial. Sehingga, ia pun berangkat dari kawasan Menanggal. Pantauan Radar Surabaya di Jalan Wijaya Kusuma, ada tiga unit bus sekolah yang melayani trayek ke Menanggal, Rungkut, serta Tandes.

Sementara itu, salah satu sopir bus sekolah, Budi Prasetyo, mengatakan bahwa sejak Senin pagi bus mulai beroperasi meski jumlah penumpangnya tak banyak. Ia hanya membawa empat pelajar yang akan berangkat ke sekolah. “Mungkin disebabkan baru beroperasi serta banyak siswa diantarkan orang tua. Jadi, peminatnya sedikit di awal beroperasi,” ungkapnya.

Baca juga :  Sopir Truk Dibebaskan setelah Berdamai dengan Korban

Bus-bus sekolah di Surabaya melayani wilayah Surabaya timur, selatan, utara, barat, serta utara. Kabid Bidang Angkutan Dinas Perhubungan (Dishub) Surabaya Sunoto mengatakan, armada bus itu dapat membantu siswa serta orangtua. Apalagi bus sekolah ini gratis. Pihak sekolah memberikan kartu pada pelajar untuk naik bus sekolah.

“Orangtua tidak perlu khawatir disebabkan gratis untuk berangkat serta jemput. Tapi mungkin baru awal kembali beroperasi sehingga banyak pelajar yang dijemput orang tua. Terutama anak SD serta SMP. Rata-rata anak-anak SMA yang pakai bus sekolah,” katanya.

Saat ini ada 10 armada bus sekolah di Surabaya. Pihak dishub sudah mengusulkan penambahan bus. Pengadaan terakhir pada 2017 serta 2018 masing-masing dua unit merek Mitsubishi serta Isuzu. (rmt/rek)

Baca juga :  Hallo rek mulai saiki ati-ati yo rek akeh laporan nang mimin nek saiki akeh begal nang sidoarjo…

Sumber »

Must Read

Related News