32 C
Sidoarjo
BerandaNasionalNusantaraDekatkan Layanan, Gerakan Camat-Lurah Berkantor di Balai RW Digiatkan Lagi

Dekatkan Layanan, Gerakan Camat-Lurah Berkantor di Balai RW Digiatkan Lagi

SURABAYA – Gerakan camat serta lurah berkantor di Balai Rukun Warga (RW) Kota Surabaya, kembali digiatkan sebagai upaya memberikan kemudahan serta mendekatkan pelayanan pada warga.

Kepala Bagian Pemerintahan serta Kesejahteraan Rakyat Kota Surabaya Arief Boediarto di Surabaya, Sabtu mengatakan, hal itu juga sebagaimana instruksi Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi yang menginginkan jajarannya memberikan kemudahan pelayanan publik pada masyarakat.

“Sejak kemarin malam, sejumlah lurah sudah mengawali tancap gas berkantor di Balai RW. Sementara untuk para camat, mereka berkantor di kelurahan serta berkeliling ke setiap Balai RW yang dijadikan tempat pelayanan,” katanya.

Arief mencontohkan Kecamatan Benowo serta Sawahan yang sudah menjalankan kegiatan tersebut. Bahkan, Camat Bubutan juga berkantor di Kelurahan Gundih pada Jumat (7/1).

“Jadi, sesuai arahan Pak Wali Kota, memang kita ingin berupaya supaya ada kedekatan hubungan batin antara pimpinan serta masyarakat,” kata Arief.

Ia memastikan, bahwa pelayanan di Balai RW, akan terus dilakukan oleh camat serta lurah. Harapannya, ketika ada permasalahan apapun di lapangan, para pemimpin wilayah itu dapat mengambil keputusan dengan lebih cepat. Dengan begitu, warga tak harus berangkat ke kantor kelurahan atau kecamatan.

“Jadi, ketika camat serta lurah ada di lapangan, maka itu akan lebih cepat dalam mengambil keputusan,” katanya.

Ia pun memberikan kebebasan pada camat serta lurah untuk mengatur jadwal berkantor di Balai RW. Sebab, hal tersebut tentu juga menyesuaikan situasi serta kondisi warga di masing-masing wilayah.

“Minimal, dalam satu pekan, camat serta lurah, dua kali memberikan pelayanan di Balai RW saat malam. Sebab, mayoritas warga saat pagi atau siang, mereka bekerja. Sedangkan untuk waktu yang lain, dapat dilakukan siang atau sore berdasarkan kebutuhan warga di wilayah masing-masing,” kata dia.

Menurutnya, ada berbagai jenis pelayanan yang diberikan lurah serta camat saat berkantor di Balai RW, di antaranya mulai dari konsultasi pelayanan publik, pengambilan KTP elektronik, urus administrasi kependudukan hingga domisili usaha.

“Tidak hanya soal pelayanan, tapi hal-hal yang berkaitan dengan pengambilan keputusan kebijakan juga diharapkan dapat langsung selesai,” katanya.

Sementara itu, Camat Sawahan M. Yunus mengaku, sudah berkantor di Kelurahan sejak Kamis (6/1) malam. Sebagai trial atau pelayanan perdana, ia membuka pelayanan di RW 3 Kelurahan Putat Jaya, Kecamatan Sawahan.

“Jadi setiap hari, lurah serta jajarannya memberikan pelayanan di masing-masing RW secara bergiliran. Sementara saya serta teman-teman kecamatan, berpindah dari satu RW ke RW lain,” kata Yunus.

Yunus mengatakan, ada sejumlah pelayanan yang didapatkan warga saat pihaknya membuka pelayanan perdana di Balai RW mulai pengambilan KTP elektronik, Kartu Identitas Anak (KIA), konsultasi waris hingga pengurusan surat pengantar nikah.

“Ada konsultasi waris, urus pengantar nikah, kemudian ada yang ambil KTP. Mudah-mudahan nanti ke depan masyarakat dapat memanfaatkan pelayanan di Balai RW ini,” katanya. (antara/jay)

Sumber »

Komentar

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Trending

Jangan lewatkan

0
Punya ide, saran atau kritik? Silakan berkomentar.x
()
x