31 C
Sidoarjo
BerandaNasionalNusantaraDam Gubeng Dibangun untuk Mencegah Banjir di Surabaya Utara

Dam Gubeng Dibangun untuk Mencegah Banjir di Surabaya Utara

SURABAYA – Dam air di Surabaya dibangun dengan megah serta bergaya arsitektur Eropa. Salah satu dam yang masih berfungsi hingga sekarang ialah Dam Gubeng atau De Sluizen Van Goebeng Soerabaia. Dam ini tampak megah berdiri ketika kita melintas ke arah Jalan Pemuda. meski sudah berusia puluhan tahun, bangunan ini masih kokoh.

Pegiat Sejarah Surabaya Nur Satriawan menceritakan, dam tersebut dibuat untuk membagi air di Kalimas, supaya ada buka tutup jika ada kelebihan debit air. “Dam ini dibangun saat itu supaya wilayah Surabaya Utara tidak banjir,” jelasnya.

Belanda begitu teliti saat itu untuk menata kota Surabaya. Mereka tidak sayang anggaran disebabkan menganggap akan selamanya menjajah Indonesia. Sehingga banyak bangunan permanen yang dibuat dengan bahan serta arsitektur yang kokoh. Ini juga yang dilakukan saat membangun Dam Gubeng ini.

Baca juga :  Tambah Fasilitas Ibadah, Okupansi Mall CWS Diharapkan Semakin Meningkat

Dam tersebut dulunya dapat dilalui perahu yang hendak mengirim barang melalui Kalimas. Ada salah satu pintu yang dapat dibuka tutup untuk dilalui perahu. Hiruk pikuk perdagangan juga tetap menjadi salah satu pertimbangan saat membangun dam ini.

“Dulu dapat dilalui disebabkan air masih tinggi. Sehingga antara sisi utara serta selatan sama tinggi debit airnya,” ungkapnya.

Melihat begitu vitalnya Dam Gubeng untuk menanggulangi banjir di wilayah Surabaya Utara, sempat hendak dihancurkan. Saat itu, pejuang kemerdekaan hendak merobohkan dam ini untuk membuat banjir Surabaya Utara yang saat itu menjadi pusat pemerintahan Belanda. “Untungnya ide tersebut tidak dilaksanakan, sehingga kita dapat melihat keindahan dam ini,” tuturnya. (gun/nur)

Baca juga :  Lecehkan Korban Perkosaan, Kapolda Jateng Copot Kasat Reskrim Boyolali

Sumber »

Must Read

Related News