25 C
Sidoarjo
BerandaNasionalNusantaraJatim Siapkan 1.256 Bed untuk Isoter serta 530 Bed Isoman di 6...

Jatim Siapkan 1.256 Bed untuk Isoter serta 530 Bed Isoman di 6 Hotel

SURABAYA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau secara langsung lokasi karantina pekerja migran Indonesia (PMI) yang akan kembali ke tanah air, Jumat (31/12). Sebab rencananya, ribuan PMI akan datang melalui Bandara Internasional Juanda pada awal tahun baru ini.

Saat meninjau lokasi karantina di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jatim, Jalan Ketintang Wiyata Surabaya, kemarin, Menhub didampingi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Mayjen TNI Suharyanto, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, serta sejumlah pejabat Pemprov Jatim.

“Pantauan ini merupakan instruksi Pak Menkomarves (Luhut Pandjaitan) sebagai bentuk pengecekan akhir persiapan tempat karantina untuk kepulangan PMI,” katanya.

Budi menambahkan, saat masuk karantina ada tim epidemiologi yang menanyakan riwayat PMI. Data riil tersebut nantinya dimasukkan dalam satu data center. “Kami sangat mengapresiasi pemerintah daerah yang bekerja luar biasa, baik di Asrama Haji Sukolilo maupun di LPMP,” katanya.

Baca juga :  Terbelit Masalah Rumah Tangga, Pria Ini Nekat Gantung Diri

meski demikian, Budi mengaku jumlah tempat karantina masih terbatas. Sehingga untuk sementara penerbangan internasional khusus PMI saja. Dengan mekanisme penerbangan bertahap. “Pertama ada tiga kali (penerbangan) seminggu, terus meningkat lagi enam kali seminggu. Volumenya pun kita manage sesuai dengan berapa besar Pangdam, Ibu Gubernur, serta Pak Kapolda dapat menyediakan tempat karantina,” jelasnya.

Sementara itu, Kamis (30/12) sore, Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) melakukan koordinasi bersama dengan BNPB serta Forkopimda Jatim untuk menyiapkan kepulangan PMI melalui Bandara Juanda.

Plh Sekda Provinsi Jawa Timur Heru Tjahjono mengaku telah berkoordinasi untuk menyiapkan sarana serta prasarana bagi PMI yang melakukan isolasi terpusat (isoter) maupun isolasi mandiri (isoman). untuk Isoter di Asrama Haji Sukolilo disiapkan 964 bed. Kemudian di LPMP Ketintang dengan 160 bed serta Badiklat Kemenag Jatim 132 bed. Sehingga total bed yang disediakan sebanyak 1.256 unit.

Baca juga :  PT Maspion Serahkan Lahan di Jalan Pemuda 17 ke Pemkot Surabaya

“Selain itu, Pemprov Jatim juga menyiapkan tempat karantina bagi PMI di BPWS Bangkalan serta Asrama Marinir Surabaya,” katanya.

Mantan Kepala Dinas Kelautan serta Perikanan Jatim ini menambahkan, PMI yang melakukan isoman disediakan enam hotel dengan kapasitas 530 bed. Kemudian non PMI ada 27 hotel dengan kapasitas 1.299 bed. “Khusus Isoman, biaya ditanggung pribadi selama 14 hari. tetapi, tetap di bawah pengawasan Satgas Covid-19,” tuturnya.

Kepala BNPB Mayjen TNI Suharyanto mengatakan, dipilihnya Bandara Internasional Juanda untuk menghindari penumpukan PMI yang turun di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta.

“Saya dengan Menteri Perhubungan menyarankan supaya Jawa Timur (Bandara Juanda) dibuka. Kalau tidak dibuka akan kewalahan. Saya meyakinkan Pak Menkomarves jika saat ini persiapan Jawa Timur siap dibuka. Sebelumnya sudah dilakukan gladi datangnya pesawat, pengaturan di bandara (Juanda) serta sebagainya telah tertata baik,” katanya.

Baca juga :  MENKO AIRLANGGA: Indonesia Jadi Katalis Pemulihan Ekonomi Global

Suharyanto juga menyampaikan alur kedatangan PMI di Bandara Juanda mendatang, rencananya akan langsung diarahkan ke hotel yang telah disiapkan untuk dilakukan karantina selama 10 hari. Mantan Pangdam V/Brawijaya itu juga mengatakan, pada tahap awal akan dilakukan uji coba dengan melakukan sistem setiap dua hari, Bandara Juanda akan menampung 1 pesawat yang mengangkut PMI. (mus/rek)

Sumber »

Must Read

Related News